Ebeg Banyumas Masuk 10 Nominasi Terbaik Anugerah Pesona Indonesia 2022

Agustinus Yoga Primantoro
Kesenian Ebeg Banyumas masuk nominasi 10 terbaik dalam Anugerah Pesona Indonesia 2022. (Foto: SINDOnews)

BANYUMAS, iNews.id - Kesenian tradisional ebeg Banyumas masuk dalam 10 nominasi terbaik Anugerah Pesona Indonesia 2022 kategori atraksi budaya. Prestasi membanggakan tersebut tercatat pada tanggal 9 Mei 2022, kemarin. 

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Dinporabudbar) Kabupaten Banyumas, Asis Kusumandani membenarkan hal tersebut. Ia menyebut masih ada tahapan selanjutnya dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2022.

"Kita memang mengirimkan ke sana beberapa jenis, tapi Alhamdulillah yang masuk ini Ebeg, masuk dalam kategori atraksi budaya, masuk 10 besar nominasi kan calon pemenang. Tapi, penghargaannya sudah kita peroleh. Nanti per 1 Juli sampai dengan Oktober 2022, nanti ada voting dari masyarakat Indonesia," katanya saat dihubungi oleh iNewsPurwokerto.id melalui telepon, Kamis (16/6/2022). 

Asis menjelaskan, pihak penyelenggara akan membuat video perkenalan dari masing-masing produk kebudayaan yang masuk dalam 10 nominasi. Video tersebut nantinya akan diunggah ke media sosial dan kemudian akan dilakukan polling dari masyarakat. Ia berharap masyarakat Banyumas senantiasa mendukung dengan cara mengvoting Ebeg Banyumas pada tanggal 1 Juli hingga Oktober 2022.

"Harapannya nanti kita buat promonya terus kemudian kita minta dukungan khususnya masyarakat Banyumas, atau masyarakat Banyumas, baik yang di banyumas maupun yang di luar banyumas untuk mendukung Ebeg," jelasnya.

Sebelumnya, dari Kabupaten Banyumas sendiri mengajukan sejumlah produk budaya dalam ajang tersebut. Namun, di antara sejumalah pengajuan tersebut, hanya Ebeg Banyumas yang berhasil lolos ke tahapan selanjutnya. Selain itu, Ebeg Banyumas juga menerima penghargaan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTB) tahun 2021 dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Kemarin ada yang ngajukan makanan juga, terus mengajukan yang lainnya, tapi yang masuk atau lanjut hanya Ebeg. Mungkin kan karena unik. Sebelumnya, Ebeg itu juga kita ajukan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memperoleh WBTB (2021). Kita memperolehnya, sudah diakui kesenian dari Kabupaten Banyumas," tukasnya.

Adapun 10 produk budaya dari berbagai daerah yang memiliki atraksinya tersendiri, di antaranya Bahoruk (Kab. Rote Ndao), Hela Rotan Aboru (Kab. Maluku Tengah), Silek Pedang Panjang (Kab. Solok Selatan), Musik Patrol (Kab. Sidoarjo), Ebeg Banyumas (Kab. Banyumas), dan lain sebagainya.

Editor : Arif Syaefudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network