Awas…Pesisir Selatan Jawa Tengah Terancam Rob 2-10 Februari 2023

Elde Joyosemito
Ilustrasi rob di Cilacap. (Foto: Istimewa)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id - BMKG mengeluarkan peringatan dini mengenai potensi banjir pesisir atau rob di sejumlah tempat. Salah satu di antaranya adalah kawasan pesisir selatan Jawa Tengah (Jateng) dan DIY.

Berarti, kalau pesisir selatan Jateng meliputi Cilacap, Kebumen, Purworejo hingga Yogyakarta. Potensi rob terjadi karena adanya fenomena fase Bulan Purnama pada 5 Februari 2023.

Rob di pesisir selatan juga diperkirakan akan ditambah dengan ancaman meningkatnya gelombang laut. Pasalnya, di beberapa tempat terutama perairan selatan Jawa hingga NTT mencapai 4-6 meter. 

Potensi banjir pesisir atau rob ini berbeda waktu baik hari maupun jamnya di tiap wilayah, yang secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan siaga guna mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air Laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG,”jelas Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo dalam keterangan tertulisnya. 

 

 

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network