Mayuh Sekolah Maning, Upaya Pemkab Banyumas Perluas Akses Pendidikan

Elde Joyosemito
Pemkab Banyumas mengupayakan perluasan akses layanan pendidikan kepada masyarakat. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Pemkab Banyumas mengupayakan perluasan akses layanan pendidikan kepada masyarakat khususnya tingkat SMA/SMK. Walaupun secara fungsional menjadi kewenangan dan tanggung jawab Pemprov Jateng.

Selama kepemimpinan Bupati Achmad Husein dan Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono, upaya akses layanan pendidikan itu terwujud antara lain dengan 
berdirinya SMK Negeri Purwojati di Kecamatan Purwojati dan SMK Negeri Kebasen di Kecamatan Kebasen. Bahkan, saat ini sedang dibangun pendirian SMK Negeri Lumbir di Kecamatan Lumbir serta pendirian SMA Negeri Cilongok di Desa Karangtengah Kecamatan Cilongok. 

“Semua itu merupakan inisiasi dari Pemkab Banyumas untuk menjawab dinamika masyarakat terhadap perluasan dan akses layanan jenjang Pendidikan Menengah. Pada tahun elajaran 2023/2024 SMA Negeri Cilongok dan SMA Negeri Lumbir mulai menerima siswa baru,”jelas Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Banyumas Joko Wiyono pada Selasa (21/2/2023).

Menurut Joko, berkenaan dengan data rata-rata lama sekolah tahun 2021 yaitu 7,63 berarti penduduk di Kabupaten Banyumas usia 25 tahun ke atas baru menempuh Pendidikan sampai kelas 1 SMP. 

Perkembangan data rata-rata lama sekolah dapat dijelaskan sebagai berikut: tahun 2019 yaitu 7,42, tahun 2020  yakni 7,52, tahun 2021  yaitu7,63. “Faktor yang mempengaruhi rata-rata lama sekolah adalah anak tidak sekolah. Anak tidak sekolah mempengaruhi terhadap rata-rata lama sekolah di kemudian hari. Karena rata-rata lama sekolah dihitung sejak 25 tahun ke atas, artinya kalau sekarang banyak anak tidak sekolah kedepannya  angka rata-rata lama sekolah menurun,”ujarnya.

Sejumlah faktor yang menyebabkan anak tidak sekolah itu di antaranya faktor ekonomi, faktor kesadaran orang tua, ada siswa disabilitas namun pemerintah sudah berupaya mengatasinya dengan penguatan sekolah inklusi, dan masih adanya anak yang membantu orang tua mencari nafkah. 

“Untuk penanganan hal-hal di atas Pemerintah Kabupaten Banyumas maupun Pemerintah Pusat sudah memberikan sentuhan berupa Program Indonesia Pintar (PIP) dari Pemerintah Pusat dan Kartu Banyumas Pintar  (KBP) dari Kabupaten Banyumas,”katanya.

Data Penerima PIP jenjang SD tahun 2021 sebanyak 68.134 anak,  tahun 2022 sebanyak 79.599 anak, kemudian  jejang SMP tahun 2021 sebanyak 31.851 anak dan tahun 2022 sebanyak 37.554 anak, sedangkan  penerima KBP jenjang SD tahun 2021 sebanyak 2.319 anak, tahun 2022 sebanyak 1.538 anak dan jenjang SMP tahun 2021 sebanyak 1.115 anak, tahun 2022 sebanyak 1.248 anak.

Upaya lain yang dilakukan Pemerintah adalah memberikan kesempatan yang luas kepada warga masyarakat usia 25 tahun ke atas untuk mengikuti Program Pendidikan Kesetaraan paket A setara SD/MI, paket B setara SMP/MTs, dan paket C setara SMA/MA yang terjangkau melalui Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dimana dia bertempat tinggal atau bekerja, maka pemerintah memberikan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) untuk mendukung itu. 

Saat ini di Kabupaten Banyumas sedang digerakkan upaya program “Mayuh Sekolah Maning” yang akan dilaunching pada saat Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke -452.

Prinsip Pemerintah Kabupaten Banyumas akan berupaya terus untuk meningkatkan perluasan akses dan layanan pendidikan yang bermutu dan berkeadilan. Prestasi yang telah diraih Kabupaten Banyumas dalam bidang Pendidikan yaitu :
1. Meraih pencapaian dalam penambahan aktivasi akun belajar.id tertinggi se-Indonesia periode penilaian  November 2022 dari KEMENDIKBUDRISTEK.
2. Meraih pencapaian dalam penambahan aktivasi akun belajar.id peringkat satu se-Jawa Tengah periode penilaian November 2022 dari KEMENDIKBUDRISTEK.
3. Banyumas Calakan Teachers Training Center (BCT2C) meraih top 99 inovasi nasional dalam ajang kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2022.
4. Peringkat 2 terbanyak se-Jawa Tengah atas 52 lembaga Taman Kanak Kanak  di Korwilcam Dindik Cilongok telah terakreditasi tahun 2023.
5. Peringkat 4 besar tingkat nasional pencapaian platform merdeka mengajar (PMM) tahun 2022.
6. Saka Widya Budaya Bakti sebagai juara 1 pada raimuna vi Kwarcab Banyumas tahun 2022.

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network