Timnas Indonesia Singkirkan Thailand di Final Sepak Bola SEA Games 

Ibnu Hariyanto
Sejarah pernah berpihak pada Timnas Indonesia yang menyingkirkan tim tangguh Thailand dalag laga final SEA Games 1991. (Foto: Istimewa)

PHNOM PENH, iNewsPurwokerto.id-Sejarah pernah berpihak pada Timnas Indonesia yang menyingkirkan tim tangguh Thailand dalam laga final sepak bola SEA Games.

Timnas Indonesia akan bertanding dalam laga final SEA Games 2023 melawan Thailand. Jika melihat sejarah, Indonesia memiliki kenangan indah saat berhadapan dengan Thailand di final SEA Games. Momen itu terjadi 32 tahun yang lalu, yaitu pada SEA Games 1991 di Manila. Pada saat itu, Indonesia berhasil meraih medali emas sepak bola.

Pertandingan final SEA Games 1991 berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila pada tanggal 4 Desember 1991. Indonesia, yang saat itu datang ke Manila dengan skuad terbaik, tampil sangat baik. Indonesia berhasil lolos dari fase grup sebagai juara.

Kemudian, dalam babak semifinal, Timnas Indonesia yang dipimpin oleh Robby Darwis dan rekan-rekannya berhasil menang dalam adu penalti melawan Singapura dengan skor 4-2 setelah bermain imbang 0-0 hingga waktu normal dan perpanjangan waktu.

Akhirnya, saatnya tiba untuk pertandingan final. Timnas Indonesia dihadapkan oleh Thailand. Indonesia, yang saat itu dilatih oleh pelatih legendaris Anatoli Polosin, menjadi salah satu favorit. Hal ini dikarenakan pada edisi sebelumnya, Indonesia juga berhasil meraih medali emas.

Pertandingan final berlangsung dengan seru. Bahkan, pertandingan sengit tersebut harus diselesaikan melalui adu penalti karena skor masih 0-0. Indonesia menurunkan Ferril Hattu, Maman Suryaman, Heriansyah, Yusuf Ekodono, dan Widodo C Putra sebagai lima penendang pertama.

Sayangnya, Maman dan Widodo tidak berhasil menjalankan tugas mereka, sehingga skor menjadi 3-3. Indonesia kemudian mengirimkan Sudirman sebagai penendang keenam. Sudirman berhasil menjalankan tugasnya dengan baik, sementara penendang Thailand gagal mencetak gol. Dengan demikian, Indonesia keluar sebagai pemenang dengan skor 4-3.

Indonesia berhasil meraih medali emas SEA Games untuk kedua kalinya dalam sejarahnya. Namun, setelah itu, Indonesia belum berhasil membawa pulang medali emas kembali.

Akhirnya, kesempatan itu datang pada malam ini, Selasa (16/5/2023), di Stadion Olimpiade Nasional Kamboja. Seperti pada tahun 1991, Indonesia kembali bertemu dengan Thailand di final.

Indonesia menyambut laga final ini dengan penuh keyakinan. Pasukan Indra Sjafri berambisi untuk membawa pulang medali emas yang terakhir kali diraih pada tahun 1991.

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network