Alasan Shin Tae-yong Coret Egy dan Asnawi dari Skuad Indonesia di AFF U-23, Ternyata Ini

Tim iNews
Pelatih asal Korea Selatan itu mencoret Egy Maulana dan Asnawi Mangkualam

JAKARTA, iNews.id – Langkah mengejutkan ditempuh oleh Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu mencoret Egy Maulana dan Asnawi Mangkualam dari skuad Timnas Indonesia AFF U-23 2022. 

Ternyata, alasannya adalah dia akan fokus menggunakan jasa pemain-pemain Liga 1. Juru taktik Korea Selatan itu memastikan tak akan memanggil pemain yang bermain di luar negari untuk ikut AFF U-23. Selain Asnawi dan Egy, Witan Sulaeman, Elkan Baggott dan Syahrian Abimanyu juga dicoret. 

Keputusan Shin Tae-yong sekaligus mengurungkan niat Ketum PSSI Mochamad Iriawan yang sebelumnya berniat menurunkan kekuatan penuh di AFF U-23. Bahkan pria yang akrab disapa Iwan Bule itu ingin melobi pihak klub untuk melepas Egy Maulana dan keempat pemain lainnya. 

Sebelumnya, Egy, Witan, Asnawi, Baggott dan Syahrian diizinkan pihak klub main di Piala AFF 2020 meski ajang tersebut tak masuk kalender FIFA. Tapi Shin Tae-yong paham kelima pemain itu bakal kesulitan memenuhi panggilan timnas level U-23.  

“Memang AFF bukan FIFA Matchday, tapi pemain dilepas (saat Piala AFF 2020), jadi dari klub berbaik hati dan kami harus balas," kata Shin Tae-yong kepada awak media, Kamis (6/1/2022). "Tapi kali ini kami harus mengalah (AFF U-23). Kami tidak memanggil pemain-pemain abroad, tetapi akan memanggil pemain di Liga Indonesia,” ujarnya. 

Piala AFF U-23 berlangsung di Kamboja pada 14-26 Februari mendatang. Indonesia berada di Grup B bersama Laos, Myanmar dan musuh bebuyutan Malaysia. Skuad Garuda Muda datang dengan status juara bertahan. Sebab edisi 2019 mereka berhasil juara di bawah arahan Indra Sjafri.

 

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network