Perkampungan Elit Rumah Besar-Besar Milik Tukang Bakso, Penasaran Yuk Intip di Sini

Kiki Oktaliani
Perkampungan elit berisikan rumah-rumah besar ternyata pemiliknya para tukang bakso terletak di  Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri. Foto:Youtube/Ardhiansah

WONOGIRI, iNewsPurwokerto.id - Perkampungan elit berisikan rumah-rumah besar ternyata pemiliknya para tukang bakso terletak di  Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri.

Anda akan terkejut melihat deretan rumah bertingkat mewah di dalam perkampungan. Rumah-rumah ini dimiliki oleh para pedagang bakso.

Biasanya, saat kita mendengar kata "kampung," yang terlintas dalam pikiran kita adalah pemandangan persawahan yang luas dengan rumah-rumah sederhana, milik penduduk setempat. Namun, pandangan ini sepenuhnya berubah ketika Anda melihat keberadaan rumah-rumah besar yang kokoh, dimiliki oleh para pedagang bakso ini.

Melalui video yang diunggah oleh Ardhiansah Rahmiyarno di saluran YouTube-nya pada Senin, 30 Oktober 2023, ia menunjukkan bahwa jalan menuju desa ini tidak terlalu lebar, bahkan sebagian besar terbuat dari semen dan batu. Namun, saat Anda menjelajahi jalan ini, Anda akan menemukan rumah-rumah dua lantai yang sangat mewah.

Tidak hanya bangunan yang besar, hampir semua rumah mewah ini memiliki halaman depan yang cukup luas dan dapat digunakan untuk parkir kendaraan roda empat. Beberapa rumah juga dilengkapi dengan garasi mobil dan dikelilingi oleh pagar yang tinggi, baik berupa tembok maupun besi.

Walaupun begitu, nuansa pedesaan masih sangat terasa di sekitar rumah-rumah mewah ini. Vegetasi hijau tumbuh subur dan menyegarkan mata. Seperti yang telah disebutkan, rumah-rumah ini dimiliki oleh para pedagang bakso, yang mata pencahariannya utamanya berasal dari berjualan bakso. Rumah-rumah bertingkat dengan pilar-pilar besar ini dibangun melalui kerja keras masyarakat mereka.

Bagi para penggemar kuliner, pasti sudah tidak asing dengan Bakso Wonogiri atau Mie Ayam Wonogiri. Banyak penduduk Wonogiri, terutama yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, mencari nafkah dengan berdagang bakso.

Pedagang bakso ini sering merantau ke luar daerah asalnya karena alasan ekonomi, dengan harapan mendapatkan penghasilan lebih besar. Sudah sejak tahun 1950-an, terdapat pedagang bakso yang mencari nasib di Jakarta. Tidak hanya satu, tapi beberapa di antaranya cukup populer di wilayah selatan Jakarta, seperti Bakso Lapangan Tembak, yang pemiliknya berasal dari Wonogiri.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network