264 Pelajar Purbalingga Bersaing Ketat Ikuti Seleksi Paskibraka 2024

Arbi Anugrah
264 Pelajar Purbalingga Bersaing Ketat Ikuti Seleksi Paskibraka 2024. Foto: Dok Humas Pemkab Purbalingga

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id - 264 pelajar dari berbagai sekolah tingkat SMA, SMK, dan MA di Purbalingga mengikuti persaingan ketat seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Purbalingga Tahun 2024. Mereka adalah para peserta yang berhasil lolos mengikuti seleksi administrasi dari total 301 peserta yang mendaftar.

Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Purbalingga, Kustinah mengatakan jika seleksi Paskibraka kali ini menggunakan aplikasi Transparansi Paskibraka dari Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP). Proses seleksi yang dilaksanakan tanggal 22 - 26 April 2024 memungkinkan terpantau secara transparan. 

"Mereka mengikuti kegiatan seleksi secara bertahap mulai dari seleksi wawasan kebangsaan, dilanjutkan yang lolos mengikuti seleksi intelijensi umum, kemudian hari ini mereka mengikuti tes kesehatan dan parade. Selanjutnya dua hari kedepan seleksi PBB dan kesemaptaan dan yang terakhir adalah tes kepribadian," kata Kustinah kepada wartawan di sela-sela seleksi kesehatan dan parade di GOR Indoor Sasana Krida Perwira, Rabu (24/4/2024).

Ia berharap melalui proses seleksi yang ketat ini, nantinya akan terpilih putra putri terbaik Kabupaten Purbalingga yang akan bertugas pada Pengibaran Bendera Merah Putih di peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2024.

"Nanti yang lolos itu akan kita ambil sebanyak 31 orang, terdiri dari 20 orang laki-laki dan 11 perempuan. Dan nanti satu pasang akan kita kirimkan untuk mengikuti seleksi di tingkat provinsi. Harapan kami ada salah satu putra putri terbaik Kabupaten Purbalingga yang kiranya bisa sampai dengan tingkat nasional, mohon doa restunya," ungkapnya.

Ghania Maulida Nurdiana, salah satu siswi dari SMA Negeri 1 Bobotsari kelas X yang mengikuti seleksi tersebut menyatakan motivasinya untuk menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Purbalingga 2024.

"Motivasi saya adalah ingin mengibarkan Bendera Pusaka di Alun-alun Purbalingga sebagai wujud cinta tanah air serta untuk melatih jiwa kepemimpinan dan menambah wawasan, ilmu, dan teman," ungkap Ghania.

Editor : Aryo Arbi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network