Kodam IV/Diponegoro Bangun Sinergitas dengan Pemkab Kebumen, Tanam Pisang Cavendish

Elde Joyosemito
Kunjungan Pangdam Diponegoro bertujuan untuk meninjau budidaya pisang cavendish dan melakukan penanaman di Desa Tunjungseto, Kecamatan Sempor. (Foto: Pemkab Kebumen)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id-Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Deddy Suryadi, melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Kebumen. 

Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau budidaya pisang cavendish dan melakukan penanaman di Desa Tunjungseto, Kecamatan Sempor.

Sebelum menuju lokasi budidaya, Pangdam IV/Diponegoro terlebih dahulu transit di Pendopo Kabumian. Di sana, ia disambut oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih.

“Selamat datang di Kebumen kepada Pangdam dan jajarannya. Wilayah kami cukup luas dengan 26 kecamatan dan 460 desa/kelurahan. Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk mencapai batas wilayah barat maupun timur, dan sekitar 2 jam untuk mencapai batas utara. Di selatan, kita memiliki Urut Sewu sebagai tempat uji coba Alutsista TNI AD,” ujar Bupati Arif di Pendopo Kabumian.

Dalam acara tersebut, hadir pula pejabat lainnya seperti Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, Dandim 0709/Kebumen Letkol CZI Ardianta Purwandhana, Kapolres Kebumen AKBP Recky Robertho, anggota Forkopimda, dan jajaran OPD.

Mayjen TNI Deddy Suryadi menyatakan bahwa budidaya pisang cavendish merupakan upaya untuk mendorong terciptanya kemandirian dan ketahanan pangan, yang menjadi bagian dari program TNI.

“Dengan budidaya pisang cavendish ini, saya yakin akan muncul banyak petani muda atau regenerasi petani. Dengan hasil yang baik, tentu akan meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat. Jika sejahtera, pasti mereka akan tinggal di kampung dan membangun kampungnya sendiri,” kata Mayjen TNI Deddy Suryadi.

Mayjen TNI Deddy juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah menyiapkan lahan seluas 3 hektar untuk budidaya pisang cavendish di Sempor. Tanaman ini dikelola bersama oleh TNI dan warga setempat untuk kemakmuran bersama. Pisang cavendish yang merupakan jenis unggulan ini bahkan siap diekspor ke luar negeri.

"Ini merupakan bentuk sinergitas antara TNI dengan Pemda dalam rangka menciptakan ketahanan pangan. Dengan program penanaman pisang ini, diharapkan dapat menambah kesejahteraan masyarakat di Kebumen," ucapnya.

Sementara itu, Dandim 0709/Kebumen Letkol CZI Ardianta Purwandhana menjelaskan bahwa budidaya pisang cavendish tersebar di lima kecamatan yaitu Poncowarno, Mirit, Kutowinangun, Sempor, dan Prembun. Adapun total lahan yang disiapkan oleh Pemda Kebumen sebanyak 20 hektar.

“Dengan budidaya pisang cavendish, paling tidak kita ingin membangkitkan semangat masyarakat untuk bertani. Karena kita tahu, di era sekarang, profesi petani mulai banyak ditinggalkan. Padahal, sebenarnya ini adalah pekerjaan yang cukup menjanjikan di masa depan," ucapnya.

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network