Dataran Tinggi Dieng Kembali Diselimuti Embun Es, Meluas Hingga Permukiman Warga

Arbi Anugrah
Dataran Tinggi Dieng Kembali Diselimuti Embun Es, Meluas Hingga Permukiman Warga. Foto: Upt wisata dieng

BANJARNEGARA, iNewsPurwokerto.id - Dataran Tinggi Dieng di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah kembali diselimuti embun es, Jumat (12/7/2024). Kemunculan embun es atau embun upas kali ini meluas tidak hanya di kompleks candi, akan tetapi hingga permukiman warga.

"Kemunculan embun es meluas ke area rumah penduduk dekat candi," kata Kepala UPT Wisata Dieng Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara Sri Utami kepada wartawan, Jumat.


Embun es Dieng. Foto: Upt wisata dieng

 

Sri Utami mengatakan jika embun upas yang terjadi kali ini cukup menyita perhatian para wisatawan sejak pagi hari. Banyak diantara wisatawan yang beruntung menyaksikan fenomena embun upas yang biasanya muncul saat musim kemarau ini.

"Karena masih masa liburan memang wisatawan banyak menginap, tapi tadi pagi belum banyak yang tahu," ujar dia.

Sementara menurut pegiat wisata sekaligus pembuat aplikasi Cuaca Dieng, Aryadi Darwanto mengatakan jika suhu terendah di Dataran Tinggi Dieng pada pagi hari tadi tercatat mencapai 1,77 derajat celsius.

"Dieng pagi ini kembali muncul embun es dengan suhu minimum yang tercatat 1,77 derajat celsius. Setelah tiga minggu tidak muncul embun es karena pengaruh La Lina," ujar Aryadi.

Menurutnya, pengaruh La Lina, menyebabkan kawasan di Dataran Tinggi Dieng kerap diguyur hujan. Hal ini yang akhirnya menyebabkan tidak muncul fenomena embun es.

Editor : Arbi Anugrah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network