Ini Syarat dan Skenario Agar Timnas Indonesia Bisa Melesat ke Peringkat 2 

Ramdani Bur
Timnas Indonesia berpeluang besar melesat ke posisi kedua klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah laga tandang melawan China. (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id-Timnas Indonesia berpeluang besar melesat ke posisi kedua klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah laga tandang melawan China pada Selasa (15/10/2024). 

Namun, untuk mencapai itu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh skuad Garuda. Berikut adalah syarat-syarat yang perlu direalisasikan:

1. Kemenangan atas China

Syarat pertama yang paling krusial adalah Timnas Indonesia harus mengalahkan China. Jika berhasil menang, Timnas Indonesia akan mengantongi enam poin di klasemen Grup C, memperbesar peluang untuk naik ke peringkat kedua. Kemenangan ini juga akan memberikan momentum positif bagi skuad asuhan Shin Tae-yong.

2. Jepang Mengalahkan Australia

Syarat kedua adalah hasil laga antara Jepang dan Australia yang berlangsung pada Selasa, 15 Oktober 2024, pukul 18.35 WIB. Timnas Indonesia harus berharap Jepang memenangkan pertandingan tersebut. Jika Jepang menang, mereka akan kokoh di puncak klasemen dengan 12 poin, sementara Australia tetap dengan koleksi empat poin, membuka jalan bagi Indonesia untuk naik ke posisi kedua.

3. Hasil Imbang dalam Laga Arab Saudi vs Bahrain

Syarat ketiga adalah berharap laga antara Arab Saudi dan Bahrain yang digelar pada Rabu, 16 Oktober 2024, pukul 01.00 WIB berakhir imbang. Jika pertandingan ini berakhir tanpa pemenang, kedua tim akan sama-sama mengoleksi lima poin. Hal ini akan menjaga jarak poin yang menguntungkan Timnas Indonesia untuk naik ke peringkat kedua.

4. Prediksi Klasemen Setelah Matchday Keempat

Jika semua syarat di atas terpenuhi, maka klasemen sementara Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah matchday keempat akan terlihat sebagai berikut:

Jepang – 12 poin
Timnas Indonesia – 6 poin
Arab Saudi – 5 poin
Bahrain – 5 poin
Australia – 4 poin
China – 0 poin

5. Target 15 Poin untuk Lolos ke Piala Dunia 2026

Untuk lolos otomatis ke Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia harus finis di posisi dua besar Grup C. Menurut Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, Indonesia membutuhkan setidaknya 15 poin dari total 10 pertandingan untuk mengamankan tempat di dua besar. Saat ini, Timnas Indonesia telah mengumpulkan tiga poin dari tiga laga, yang berarti masih membutuhkan 12 poin tambahan dari tujuh pertandingan tersisa.

6. Peluang di Laga Mendatang

Peluang untuk menambah poin masih terbuka lebar. Setelah menghadapi China, Timnas Indonesia akan melakoni dua laga kandang pada November 2024, yaitu melawan Jepang (15 November 2024) dan Arab Saudi (19 November 2024).

Pada periode tersebut, Timnas Indonesia berpotensi diperkuat oleh Kevin Diks, pemain yang baru saja diperkenalkan oleh Erick Thohir pada Sabtu (12/10/2024), sebagai calon pemain baru timnas.

Dengan persiapan matang dan fokus penuh, Timnas Indonesia diharapkan mampu memaksimalkan kesempatan ini untuk mewujudkan impian tampil di Piala Dunia 2026.

 

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network