Teriakan Free Palestina Menggema saat Pelantikan Prabowo-Gibran

Anton Suhartono/Arbi Anugrah
Teriakan Free Palestine menggema saat Sidang Paripurna pelantikan Presiden Prabowo-Gibran (Foto: Youtube/Sekretariat Presiden)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Teriakan 'Free Palestine' menggema saat Sidang Paripurna pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka pada Minggu, (20/10/2024). Suasana tersebut bermula ketika Ketua MPR RI Ahmad Muzani, yang memimpin sidang, menjelaskan kontribusi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), khususnya dalam aspek kebijakan internasional.

Muzani menyatakan bahwa salah satu kontribusi Jokowi adalah usaha pemerintah yang tanpa henti dalam mendukung tercapainya kemerdekaan Palestina.

"Dalam hubungan internasional, situasi global yang semakin kompleks, salah satu isu yang ditangani secara tepat adalah perjuangan rakyat Palestina untuk mendapatkan kemerdekaan dan hak asasi mereka," kata Muzani.

Pernyataan tersebut langsung spontan disambut dengan teriakan Free Palestine oleh seluruh anggota DPR/MPR sambil melakukan standing applaus.

Teriakan Free Palestine atau bebaskan Palestina ini berlangsug selama beberapa detik, bahkan Jokowi dan Prabowo langsung ikut berdiri dan bertepuk tangan.

"Kita semua tahu, masalah Palestina bukan hanya masalah regional, tapi juga masalah kemanusiaan yang membutuhkan perhatian dan dukungan kita semua," ucap Muzani, melanjutkan pernyataannya.

Dia mengatakan, sebagai bangsa yang menjunjung tinggi prinsip kemanusiaan dan keadilan, Indonesia memiliki tanggung jawab moral untuk terus selalu mendukung perjuangan rakyat Palestina dalam meraih kemerdekaan.

Menurut Muzani, inisiatif diplomasi yang proaktif yang dilakukan oleh pemerintah Jokowi dapat memberikan suara bagi mereka yang terpinggirkan, serta mendorong komunitas internasional untuk bersatu dalam mendukung hak-hak rakyat Palestina.

Muzani juga meminta kepada pemerintahan Prabowo untuk terus melanjutkan kebijakan luar negeri dan memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

"Oleh karena itu kepada Presiden Prabowo Subianto, melalui mimbar yang terhormat ini, kami berharap agar dapat melanjutkan komitmen ini. Menjadikan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina, sebagai bagian dari kebijakan politik luar negeri kita," katanya.

Sebelumnya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden, Minggu (20/10/2024). Pelantikan Prabowo-Gibran digelar mulai pukul 10.00 WIB dalam sidang paripurna MPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

Editor : Aryo Arbi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network