Kreativitas Pekerja Kilang Cilacap dalam Kampanye Safety di Lingkungan Kerja

Elde Joyosemito
Berbagai kampanye kreatif mengenai perilaku safety digelar melalui Lomba Safety Campaign. (Foto: Istimewa)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id– Keselamatan kerja (safety) menjadi aspek utama dalam setiap aktivitas di Kilang Cilacap. Perilaku yang mengutamakan keselamatan terbukti berbanding lurus dengan tingkat produktivitas para pekerja.

Sebagai bagian dari rangkaian Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), berbagai kampanye kreatif mengenai perilaku safety digelar melalui Lomba Safety Campaign. Kegiatan ini diadakan setiap pagi di Gate 2 dan Gate Bravo Kilang Cilacap. Salah satu kampanye kreatif dilakukan oleh fungsi General Support pada Rabu (5/2/2025).

Tim General Support, yang mencakup Commrel & CSR, Legal Counsel, dan Asset Operation, mengusung berbagai poster bertemakan keselamatan. Beberapa di antaranya bertuliskan: “Safety First,” “Gunakan Selalu Helm Standar,” “Fokus Berkendara,” “Lelah? Rebah,” dan “Ngebut Benjut.” Kampanye ini semakin meriah dengan kehadiran dua boneka karakter dinosaurus yang menarik perhatian para pekerja.

Kegiatan Safety Campaign dimulai pukul 06.00 hingga 07.30 WIB, bertepatan dengan waktu kedatangan pekerja ke area kilang. Manager General Support RU IV, Dian Puspita Rini, menyatakan bahwa kampanye ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman.

"Kami ingin menanamkan budaya safety first tanpa beban. Prinsip keselamatan ini tidak hanya penting bagi diri sendiri, tetapi juga untuk rekan kerja serta keluarga yang menunggu kita pulang dengan selamat," ujarnya.

Selain kampanye, acara ini juga dimeriahkan dengan sesi kuis berhadiah bagi pekerja yang mampu menjawab pertanyaan seputar keselamatan kerja. Salah satu fokus utama dalam kampanye kali ini adalah keselamatan transportasi darat (land transportation).

Antusias pekerja terlihat dari kemampuan mereka mengaplikasikan empat aspek pengendalian kritis saat berkendara yang harus dipatuhi. Di antaranya mengenakan sabuk pengaman selama berkendara, tidak melebihi batas kecepatan, tidak menggunakan perangkat seluler saat mengemudi, dan tidak mengemudi saat lelah. 

Ditambahkan Dian, perilaku kunci menerapkan safety first adalah memahami Journey Management Plan sebelum berkendara, periksa kondisi kendaraan dan pengemudi sebelum berkendara.

“Selanjutnya patuhi empat pengendalian kritis selama berkendara, dan patuhi rambu-rambu keselamatan lalu lintas selama berkendara” imbuhnya.

Terpisah Ketua Bulan K3 2025 Kilang Cilacap, Dwi Jatmoko menyebutkan Bulan K3 sejak 12 Januari – 12 Februari 2025 ini dilakukan dalam berbagai lomba, seperti lomba Maskot Bulan K3, lomba Pengawas Produksi Terbaik, Lomba Tool Box Meeting, Lomba Pengawas MA Terbaik, dan Safety Leadership Program Campaign.

“Termasuk lomba Safety Campaign ini, Thankyou Campaign Management, Lomba Safetyman, Lomba Safety Campaign, Family Voice, HSSE Campaign kontraktor di area kerja,” katanya.

Editor : EldeJoyosemito

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network