Simak! Ini Tips Memilih Formasi Agas Lolos Seleksi CPNS 2021

Franky S
Tangkapan layar gambaran formasi CPNS 2021 dan PPPK 2021 untuk kabupaten/kota yang bersumber dari Kemenpan RB.

PURWOKERTO, iNews.id - Pada proses seleksi penrimaan CPNS, terbuka banyak formasi atau posisi yang bisa kamu lamar. Tetapi banyak calon peserta bingung memilih formasi atau posisi yang akan dia tentukan.

Ada beberapa tips penting memilih formasi supaya lolos seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Cari Informasi Seputar Instansi Pemerintahan
Ada ratusan lembaga dinas yang membuka lowongan dengan formasi sangat beragam. Mulai dari tenaga pendidik, hingga peneliti dengan jenjang pendidikan yang khusus.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah, cari informasi sebanyak mungkin terkait instansi serta posisi yang tersedia. Jangan terpaku untuk mengecek di satu daerah saja, tapi cobalah cek untuk daerah lainnya. 

Setelah itu sesuaikan dengan tingkat pendidikan yang kamu tempuh, agar ada berbagai pilihan serta pertimbangan saat kamu memilih formasi CPNS nanti.

Ujicoba Kemampuanmu Menjawab Soal
Laiknya ujian sekolah, kamu harus berlatih untuk mengerjakan soal-soal CPNS. Kamu dapat membeli buku-buku soal yang banyak di jual, atau kamu bisa dapatkan materi soal secara gratis di internet dan aplikasi di google playstore.

Kamu juga dapat bergabung ke grup atau komunitas CPNS di media sosial. Setelah mendapatkan soal tersebut, cobalah kerjakan soal-soal tersebut sesering mungkin.

Berlatih dengan soal-soal, dapat memberikanmu gambaran bahwa kamu mampu melamar di instansi pusat atau daerah saja.

Jangan putus semangat dan teruslah berlatih soal-soal untuk meningkatkan kemampuanmu, karena usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Cocokkan Skor dengan Peluang Instansi
Sebelumnya kamu harus mengetahui minimal skor yang aman, agar bisa lolos masuk instansi yang dituju.

Setelah itu kamu bisa berlatih mengerjakan soal-soal yang telah didapatkan. Hitunglah skor yang kamu dapatkan, dengan instansi yang dituju. 

Jika kamu mampu mendapatkan ambang skor yang diperlukan, lanjutkan pilihanmu. Jika masih kurang, entah kamu harus berlatih lebih keras lagi, atau kamu harus memilih pilihan instansi lain sesuai dengan skor yang kamu capai.

Pilih Formasi dengan Peluang Terbesar
Tak ada salahnya untuk mencoba memilih formasi yang jarang dilirik oleh peserta lain. Biasanya, formasi di daerah lebih sedikit dibanding pusat.

Selain jumlah pendaftar yang masih sedikit, tes CPNS juga lebih ringan dibandingkan pusat. Jadi pikirkan baik-baik dan mungkin saja rezekimu ada di tempat itu.

Sesuaikan dengan Latar Belakang Pendidikan
Pilihlah formasi CPNS sesuai dengan latar belakang pendidikan yang kamu miliki. Selain itu, memilih formasi dengan spesifikasi khusus, dapat mengurangi jumlah pesaingmu.

Mendaftar Paling Akhir
Tak perlu terburu-buru mendaftarkan diri saat tes CPNS 2021 dibuka. Kamu bisa menunggu beberapa hari setelah pembukaan atau di akhir masa pendaftaran. Hal ini dapat memberikanmu informasi terkait jumlah pesaing di formasi yang kamu incar.

Informasi pendaftaran dapat kamu pantau secara real time, melalui situs sscn.bkn.go.id. pilihan mendaftar untuk diakhir waktu harus mempertimbangkan masalah yang dapat terjadi, seperti koneksi internet, situs yang bermasalah, ataupun perangkat yang bisa saja tiba-tiba rusak. Jadi jangan terlalu mepet dalam mendaftarnya.

Apalagi jika kamu belum mengunggah dokumen yang diperlukan, artinya kamu memerlukan waktu lebih sebelum semua beres. Jadi ingatlah untuk mencatat dokumen yang diperlukan serta jangan sampai mepet.

Sesuaikan dengan Minat dan Bakat
Saat memilih formasi CPNS, pilihlah sesuai dengan kemampuan kamu. Karena tidak sedikit orang-orang yang memilih formasi CPNS, setelah memilih ternyata kinerjanya buruk saat bekerja.

Pilihlah sesuai bakat dan kemampuan, jangan sampai kamu terpaksa bahkan terbebani dengan pekerjaan yang kamu pilih. Hal tersebut dapat merugikan serta menyakiti diri sendiri. Apalagi mengingat kamu bekerja belasan, bahkan puluhan tahun lamanya sampai pension.

Itulah beberapa tips dalam memilih formasi CPNS 2021, semoga bermanfaat. Selamat berjuang!

Editor : Franky S

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network