Ini Sederet Tari Populer di Jawa Tengah Penuh Makna yang Perlu Diketahui

Antik Dalu Shinta
Tari Gambyong, tari dari Jawa Tengah (screenshot Kemdikbud)

JAKARTA, iNews.id - Dalam sebuah acara pagelaran, biasanya menampilkan seni tari tradisional. Di Jawa Tengah sendiri, terdapat berbagai macam seni tari yang beragam, mulai dari gerakannya, musik hingga maknanya.

Seni tari di Jawa Tengan memiliki ciri khasnya sendiri. Mengutip buku ‘Mengenal Seni Tari di Indonesia’ karya Muryanto, tari adalah unsur kebudayaan yang tidak dapat lepas dalam kehidupan masyarakat, karena satu kesatuan yang utuh di dalamnya.

Dalam buku tersebut dijabarkan jika tari adalah perwujudan suatu bentuk karya seni konkret dan memerlukan proses dalam mempelajarinya. 

Apa Saja Seni Tari dari Jawa Tengah?

Tari Gambyong

Tari dari Jawa Tengah pertama adalah gambyong. Tari ini berasal dari Surakarta, Jawa Tengah dan merupakan tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan.

Ciri khas tari gambyong adalah selalu dibuka dengan gendhing pangkur. Instrumen dari tarian ini adalah gender, kendang, kenong, kempul dan gong.

Tari Bondan

Tari Bondan adalah tari yang berasal dari Surakarta, Jawa Tengah. Seorang anak wanita dengan menggendong boneka mainan dan payung terbuka, menari dengan hati-hati di atas kendi. Tarian ini melambangkan seorang ibu yang menjaga anaknya dengan hati-hati.

Tari Serimpi

Tari Serimpi adalah tari dari Jawa Tengah, tepatnya di Yogyakarta. Tarian ini dikenal sebagai tarian mistik yang diiringi oleh gamelan Jawa dan diaminkan oleh empat penari wanita.

Gerakan tangan yang lambat dan gemulai merupakan ciri khas tarian ini. Empat penari dalam Tari Serimpi mendapat sebutan air, api, angin dan bumi.

Tari Bedhaya

Tari dari Jawa Tengah selanjutnya adalah Bedhaya. Tari ini mengalami masa kejayaan pada abad ke-18 pada masa kekuasaan Pakubuwono II, III, dan VIII.

Tari ini dimainkan oleh sembilan penari dengan menggunakan tata busana dan rias wajah yang sama. Masing-masing penari membawakan peran dengan nama yang berbeda-beda, yaitu Batak, Gulu, Dhadha, Endhel Weton, Endhel Ajeg, Apit Meneng, Apit Wingking, Apit Ngajeng, Bancit.

Tari Kethek Ogleng

Kethek Ogleng merupakan salah satu bentuk kesenian rakyat yang masih berkembang dengan bentuk yang beragam di Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Kisahnya menceritakan seekor kera jelmaan Raden Gunung Sari dalam cerita Panji berupaya mencari Dewi Sekartaji yang menghilang dari istana.

Iringan musiknya menggunakan instrumen gamelan jawa, alat perkusi tradisional dan olah vokal yang tetap menghadirkan rasa dan nuansa kerakyatan.

Tari Beksan Wireng

Tari dari Jawa Tengah terakhir adalah Beksan Wireng. Nama tari ini berasal dari kata Wira (perwira) dan 'Aeng' yaitu prajurit yang unggul, yang 'aeng', yang 'linuwih'. 

Tari ini diciptakan pada zaman pemerintahan Prabu Amiluhur dengan tujuan agar para putra beliau tangkas dalam olah keprajuritan dengan menggunakan alat senjata perang. Sehingga tari ini menggambarkan ketangkasan dalam latihan perang dengan menggunakan alat perang.

Tari Bambang Cakil

Tari Bambang Cakil diadopsi dari salah satu adegan yang ada dalam pementasan wayang kulit. Dalam tari ini menceritakan ksatria yang melawan raksasa.

Ksatria adalah tokoh yang bersifat halus dan lemah lembut, sedangkan Raksasa menggambarkan tokoh yang kasar dan beringas. Makna yang terkandung dalam tarian ini adalah bahwa segala bentuk kejahatan pasti kalah dengan kebaikan.

Itulah berbagai nama tari dari Jawa Tengah dan maknanya. Semoga dapat menambah wawasanmu ya!

 

 

Editor : Arbi Anugrah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network