Logo Network
Network

Disebut Kelas Premium, Apa Itu Wisata Malam Kawah Sikidang?

Bayu Sasongko
.
Kamis, 03 Juni 2021 | 09:50 WIB
Disebut Kelas Premium, Apa Itu Wisata Malam Kawah Sikidang?
Suasana jembatan khayangan Kawah Sikidang, Dieng pada malam hari. (Foto: UPT Wisata Dieng)

BANJARNEGARA, iNews.id- Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, berencana akan menggerakan wisata malam di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Terutama, untuk destinasi wisata Kawah Sikidang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara, Agung Yusianto mengungkapkan, objek wisata Kawah Sikidang dengan boardwalk-nya atau jembatan khayangan direncanakan akan beroperasi pada malam hari. 

"Yang jelas konsep dan kemasannya tidak sama persis ketika buka siang hari. Ini masuk klasifikasi premium," ujar Agung.

Menurut Agung, sebutan premium bukanlah tanpa sebab. Karena, wisata malam di Kawah Sikidang, nantinya adalah sebuah paket kegiatan wisata. Sehingga, wisatawan yang akan berkunjung dan menikmati Sikidang malam hari, harus booking dahulu atau reservasi terlebih dulu.

"Ini adalah kegiatan wisata. Kalau premium, jadi standarnya di atas rata-rata. Akan ada guide khususnya, lalu diawali dengan jamuan dinner atau makan malam dengan menu istimewa. Baru kemudian menikmati kawah dan melintas jembatan khayangan," beber Agung.

Wisata malam itupun, tidak setiap hari diadakan. Hanya dijadwalkan pada Sabtu malam saja, atau malam Minggu. Namun, jika respon dari wisatawan bagus, jadwalnya akan ditambah menjadi dua hari, atau full weekend, yakni pada Sabtu malam dan Jumat malam.

"Ini harus reservasi dulu melalui online. Semua sedang kita siapkan, istimewanya saat reservasi wisatawan juga dapat memilih menu apa saja yang akan dinikmati saat kunjungan nanti," jelas Agung.

Direncanakan, lanjut Agung, pertengahan bulan Agustus wisata malam itu akan dilaunching. "Setelah 17 Agustus," katanya.

Editor : Bayu Sasongko

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini