get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa Unsoed Purwokerto Antusias Tingkatkan Literasi Program JKN

Bus Nekat Terobos Palang Perlintasan Saat 2 KA Melintas, Satu Orang Tewas

Jum'at, 04 Juni 2021 | 20:23 WIB
header img
Sebuah bus menemper Kereta Api Ranggajati diperlintasan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas. Jumat (4/6/2021). (Foto : Dok Humas Daop 5 Purwokerto).

PURWOKERTO, iNews.id -Sebuah kecelakaan terjadi di perlintasan Kereta Api (KA) Sumpiuh, Kabupaten Banyumas pada Jumat (4/6/2021). Peristiwa yang terjadi pada pukul 16.19 WIB tersebut disebabkan sebuah bus yang menerobos perlintasan KA.

Menurut Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ayep Hanapi, mengatakan jika saat bus tersebut menerobos palang perlintasan, muncul dua KA yang melintas diwaktu bersamaan.

"Pada sekitar pukul 16.19 WIB di JPL 501 melintas 2 KA yang hampir bersamaan di jalur Hulu dan hilir. Di jalur hulu melintas KA Wijayakusuma. Setelah KA Wijayakusuma lewat, bus dari arah barat melewati lajur sebelah kanan dan menerobos palang pintu yang masih tertutup. Pada saat bersamaan datang KA Ranggajati di jalur hilir," kata Ayep kepada wartawan.

Bus bernomor polisi AA 7155 QD yang dikemudikan oleh Karisun, warga Desa Rantewringin, Kecamatan Buluspesantren, Kebumen tersebut tak bisa menghindari, ketika tiba-tiba muncul KA Ranggajati. Sehingga kecelakaan tidak dapat dihindari di jalur double track tersebut.

"Masinis sudah membunyikan semboyan 35, akan tetapi karena jarak yang sudah pendek dan posisi bus sudah menerobos, akhirnya menemper KA," ujarnya.

Akibat kejadian tersebut bus sempat terpental hingga mengenai sepeda yang dibawa oleh Soleh warga Desa Slandaka, Kecamatan Sumpiuh.

"Bus terpental mengenai sepeda yang berada di sebelah kanan Bus. Korban yang menaiki sepeda mengalami luka kaki, tangan, badan dan perkiraakan meninggal dunia," jelasnya.

Akibat kecelakaan tersebut, bus diamankan oleh pihak Kepolisian. Sementara lokomotif KA Ranggajati sempat mengalami keterlambatan dan mengalami kerusakan pada tangga loko dan dua semboyan 21 yang pecah serta body gerbong KA satu rusak.

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut