get app
inews
Aa Read Next : Amerika Serikat akan Akui Negara Palestina Ikuti Inggris, Semoga Bukan Basa-basi!

Ungkap Rahasia sejak Seabad Lalu, Badan Intelijen Inggris MI5 Buka Akun Instagram

Jum'at, 23 April 2021 | 15:36 WIB
header img
Badan intelijen Inggris MI5 membuka akun Instagram (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Badan intelijen Inggris MI5 membuka akun Instagram. Tujuannya untuk meningkatkan transparansi dan mengubah stereotip eksklusif dan premium yang selama ini melekat pada lembaga 'angker' tersebut.

Selain itu MI5 masuk platform media sosial juga demi meluruskan mitos yang beredar di masyarakat terkait lembaga tersebut, serta untuk mengungkap sejumlah arsip yang belum pernah diungkap  bahkan yang terjaga kerahasiaannya sejak 112 tahun.

Akun Instagram resmi badan bernama resmi Security Service itu adalah @mi5official yang beroperasi Kamis (22/4/2021). Dalam unggahan pertamanya, MI5 membagikan gambar suasana pintu masuk rahasia di markas besar bawah tanah.

“Ini adalah pemandangan yang dilihat staf kami saat memasuki MI5 HQ di Thames House, London. Di balik bangunan ini terdapat beberapa rahasia terbaik Inggris,” tulis MI5 di Instagram, seperti dikutip BBC, Jumat (23/4/2021).

Unggahan perdana itu turut dikomentari Menteri Dalam Negeri Inggris, Priti Patel. 

"Terima kasih atas kerja luar biasa Anda dalam menjaga keamanan negara kita," kata Patel.

Akun tersebut akan mengadakan sesi tanya jawab serta mempromosikan peluang karier. Kepala MI5, Ken McCallum mengatakan, menjadi lebih terbuka kepada publik adalah kunci pendekatan MI5 untuk memasuki era baru.

“Namun, kami seakan menghadapi dilema. Karena, di satu sisi kami tetap harus menjaga keamanan negara yang sangat bergantung pada operasi rahasia secara diam-diam," ujar McCallum.

McCallum mengatakan MI5 akan mencari orang-orang baru untuk bekerja. Badan tersebut siap membuka lowongan untuk sejumlah posisi layanan publik yang kosong beberapa tahun terakhir. Selama ini, MI5 dikenal merekrut pegawai secara sembunyi-sembunyi.

McCallum juga berjanji akan menunjukkan bagaimana rasanya menjadi agen intelijen, meskipun ada beberapa prosedur operasi MI5 yang tidak akan dibuka begitu saja.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut