Penampakan Train Set Kereta Cepat Jakarta Bandung dengan Desain Komodo

Tim Inews.id
.
Sabtu, 30 Oktober 2021 | 19:01 WIB
PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menunjukkan desain trainset Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang terinspirasi dari siluet komodo. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) terus mempercepat proses penyelesaian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). Ini penampakan satu trainset (kereta) telah mulai dibuat lengkap dengan warna dan catnya.

Diunggah melalui akun instagram resmi @keretacepat_id, KCIC menunjukkan penampakan trainset KCJB, yang disebut terinsipirasi dengan fauna khas Indonesia yaitu komodo

KCIC mengunduh foto trainset tersebut, terutama pada bagian lokomotif yang desainnya telah utuh dan diberi warna cat merah, hitam dan silver. KCIC mengklaim bahwa siluet lokomotif tersebut dibuat mirip dengan kepada komodo.  

“Berangkat dari siluet kereta yang mirip dengan salah satu fauna khas Indonesia dari zaman prasejarah yaitu Komodo, EMU KCJBCR400 AF memiliki desain eksterior yang terinspirasi dari sisik Komodo yang tercerminkan dalam corak segitiga,” tulis manajemen KCIC, pada akun resmi Instragram, seperti dikutip MNC Portal Indonesia, Sabtu (30/10/2021). 

KCIC menjelaskan, ke depan KCJB yang merupakan (Electric Multiple Unit) ini direncanakan akan melaju dari Halim ke Tegal alur.

“Jika CR400AF dikenal dengan sebutan Red Dolphin, dengan eksterior kereta berwarna merah, dengan berlatar silver, khusus untuk eksterior dan interior EMU KCJB nanti memiliki kekhasannya tersendiri lho, Sobat," bunyi kutipan KCIC. 

Kendati begitu, tidak ada penjelasan terkait produksi trainset itu. Namun KCIC meminta dukungan agar proses produksi berjalan lancar dan bisa tiba pada pertengahan tahun mendatang

“Meski saat ini foto tampak keseluruhan EMU kita belum dapat dilihat, tapi  Sobat sudah bisa membayangkan bagaimana jadinya trainset KCJB ini,” tulis manajemen KCIC. 

 

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini