Punya Pengurus Baru, Aspikmas Baturraden Ingin Produk UMKM Lebih Berkualitas

Bayu Sasongko
.
Kamis, 10 Juni 2021 | 11:15 WIB
Bunda UMKM Banyumas, Erna Husein di acara pelantikan pengurus Aspikmas Baturraden. (Foto: Humas Pemkab Banyumas)

PURWOKERTO, iNews.id- Pengurus Asosiasi Pengusahan Industri Kecil Menengah Banyumas (Aspikmas) Kecamatan Baturraden untuk periode 2020-2023 secara resmi dikukuhkan dan dilantik oleh Wakil Ketua Aspikmas, Ning Sri Waryati, di Aula Riptaloka Kecamatan Baturraden, Rabu (9/6/2021).

Pelantikan itu juga dihadiri oleh Bunda UMKM Kabupaten Banyumas, Erna Husein, Kepala Dinakerkop UKM, Kepala DPMPTSP, Camat, Forkopimcan Baturraden, Kepala Desa, serta beberapa pengurus Aspikmas Kabupaten dan Koordinator Kecamatan.

Pengurus Aspikmas Baturraden yang berjumlah 22 orang terdiri dari Ketua Rusmiyati, Wakil Ketua Nurchasanah, Sekretrais Winda Viskaryani dan bendahara Nurhayatni dan Erni rahayu dilengkapi dengan tiga divisi dan 12 koodinator desa. 

Usai dilantik Ketua Aspikmas Baturraden Rusmiyati mengatakan, ia sangat berharap dengan terbentuknya Aspikmas akan meningkatkan kualitas produk UMKM di Kecamatan Baturraden dengan kulitas produk yang lebih baik yang akan meningkatkan jumlah penjualan.

“Kami akan meningkatkan kebersihan produk mulai dari bahan baku yang bersih dan sehat serta enak untuk menjadi kualitas yang produk, termasuk packaging yang lebih bagus untuk peningkatan penjualan dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi,” Kata Rusmiyati.

Kepala Dinas Penamanan Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Banyumas Amrin Ma’ruf meminta camat dan kepala desa memberi kemudahan dan memberi fasilitasi kepada pelaku usaha untuk dapat mengembangkan usahanya dengan berbagai pelatihan-pelatihan.

“Khususnya Kepala Desa yang memang mempunyai anggaran, untuk merencanakan pelatihan agar produk UMKM menjadi lebih berkualitas dan juga yang tak kalah pentingnya mereka didorong untuk mengajukan surat ijin berusaha agar mereka memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB),” katanya.

Dengan memiliki NIB menurut Amrin selain berfungsi sebagai sebuah identitas berusaha, juga dapat digunakan oleh pelaku usaha untuk mendapatkan izin usaha untuk bisnis usahanya dan juga izin komersial atau operasional, termasuk juga pemenuhan persyaratan izin usaha dan izin komersial atau operasional. 

“UMKM Baturraden harus lebih maju dari kecamatan lain, mengingat sebagai daerah tujuan wisata,” tambahnya

Bunda UMKM Kabupaten Banyumas Erna Husein mengucapkan selamat kepada para pengurus dan berharap UMKM di Kecamatan Baturraden bisa naik kelas. Harapannya produk UMKM bisa dipasarkan tidak hanya offline tetapi juga online, ini harus ada izin usaha dan lainya kalo dilihat hasilnya kan sudah cukup bagus terlihat dari pameran, seperti paket sembako, parcel yang berisikan produk UMKM.

“Untuk mengangkat UMKM dari mikro, menjadi kecil menengah dan besar yang penting sehat dan bersih mengingat selama ini kesan produk UMKM kebersihannya  kurang, dengan adanya Apikmas bisa bersama sama mendampingi dibina agar betul betul naik kelas menjadi mikro, kecil, menengah dan besar, harapanya seperti itu,” kata Erna Husein.

Editor : Bayu Sasongko
Bagikan Artikel Ini