Klaster Ponpes di Banjarnegara, 57 Santri Positif Covid-19

Elde Joyosemito
.
Kamis, 10 Juni 2021 | 13:10 WIB
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono. (Foto: IG Kabupaten Banjarnegara)

BANJARNEGARA, iNews.id- Pemkab Banjarnegara telah menerima hasil tes swab terhadap 100 santri di salah satu pondok pesantren (ponpes) di kabupaten setempat. Hasilnya, dari 100 santri, 57 di antaranya positif Covid-19.

Pengumuman itu langsung disampaikan oleh Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono pada Kamis (10/6/2021). “Hari ini sudah ada hasil tes swab PCR dari RSUD Margono Soekarjo Purwokerto. Dari 100 sampel swab yang dibawa, 57 di antaranya positif Covid-19,”jelas Bupati.

Menurutnya, dari 57 santri yang positif tersebut, sebagian di antaranya bergejala, namun ringan. Sebagian lagi tanpa gejala atau OTG. “Pemkab melakukan karantina kepada mereka yang positif Covid-19 selama 14 hari,”katanya.

Sementara untuk santri yang bergejala ringan, akan dilaksanakan pemeriksaan dan pengobatan. Di sisi lain, pemkab juga meminta supaya dilaksanakan sterilisasi ponpes. “Kami minta kepada BPBD, Dinkes dan PMI untuk melakukan sterilisasi. Sehingga ponpes akan aman dan nyaman ditempati lagi oleh para santri nantinya,”ujarnya.

Dia juga mengimbau kepada orang tua santri untuk tidak panik, karena semuanya telah ditangani. “Para santri sudah ditangani. Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan dan pemantauan setiap hari,”kata dia.

Bupati meminta kepada masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan (prokes), sehingga bisa terhindar dari Covid-19. “Sebagai antisipasi penularan, masyarakat harus menjaga prokes,”jelasnya.

 

Editor : Elde Joyosemito
Bagikan Artikel Ini