get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Purbalingga Gandeng Pelaku Ekonomi Kreatif Siapkan Perda untuk Peningkatan Usaha

Waduh, Gara-gara Bitcoin dkk Anjlok, Kapitalisasi Kripto Susut Rp3.000 Triliun dalam Sehari

Sabtu, 24 April 2021 | 13:01 WIB
header img
Harga Bitcoin dan mata uang kripto lainnya melemah signifikan, Sabtu (24/4/2021) (Foto Istimewa)

LONDON, iNews.id – Harga Bitcoin dan mata uang kripto lainnya melemah signifikan Sabtu (24/4/2021). Akibatnya, nilai kapitalisasi kripto susut ratusan miliar dolar AS alias ribuan triliun rupiah dalam sehari.

Harga Bitcoin turun 7,3 persen ke 49.730 dolar AS Sabtu (24/4/2021) . Kondisi ini membuat untuk pertama kalinya kripto paling populer tersebut diperdagangkan di bawah level 50.000 dolar AS sejak Maret 2020.

Penurunan juga dialami kripto-kripto lainnya. Harga Ethereum turun 8 persen ke 2.320 dolar AS sementara XRP, kripto terbesar kelima di dunia harganya anjlok 16 persen.

Data dari CoinMarketCap menunjukkan, nilai kapitalisasi pasar kripto menyusut  lebih dari 200 miliar dolar AS atau sekitar Rp3.000 triliun.

"Secara keseluruhan, pasar naik cukup banyak dan mungkin saat ini rehat sebelum naik lagi," kata Kepala Pengembangan Bursa Kripto Luno, Vijay Ayyar. 

Sejak awal tahun ini, harga kripto menguat tajam. Bitcoin misalnya, naik 66 persen sementara Ethereum meningkat lebih dari 200 persen hanya dalam kurun waktu kurang dari empat bulan.

Kenaikan harga kripto tersebut sebagian ditopang oleh langkah investor institusional yang melakukan aksi beli. Beberapa perusahaan seperti Tesla dan Square menggelontorkan dana miliaran dolar AS untuk membeli Bitcoin.

CEO & CEO Founder Bitpanda, Erick Demuth menilai, kehadiran investor kakap bisa membuat volatilitas kripto berkurang ke depannya. Namun, dia tetap mengingatkan investor ritel yang masuk pasar kripto berhati-hati.

Editor : Masirom

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut