get app
inews
Aa Read Next : Kalah dari Irak, Timnas Indonesia Masih Potensial Lolos ke Babak Ketiga, Ini Klasemennya

Tiga Pelatih yang Bawa Timnas Indonesia Juara Piala AFF, Siapa Mereka? 

Jum'at, 19 Agustus 2022 | 07:27 WIB
header img
Tiga pelatih lokal Indra Sjafri, Fakhri Husaini, dan Bima Sakti mengharumkan nama Indonesia dengan menjuarai Piala AFF. (Foto MPI)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id- Pelatih lokal sesungguhnya mampu menunjukkan prestasi yang luar biasa. Buktinya, ada tiga pelatih lokal yang menjadikan Timnas Indonesia juara Piala AFF.

Pelatih lokal mampu membawa timnas merajai Piala AFF untuk level junior U-16 hingga U-22. 

Tiga pelatih lokal Indra Sjafri, Fakhri Husaini, dan Bima Sakti mengharumkan nama Indonesia dengan menjuarai Piala AFF . 

Ketiga pelatih tersebut kebanggaan lokal alias local pride yang membawa Timnas Indonesia menjadi raja sepak bola Asia Tenggara di level junior. 

Dari ketiga pelatih lokal tersebut, Indra Sjafri dua kali membawa Timnas Indonesia juara Piala AFF U-19 dan U-22. 

Indra Sjafri pertama kali membawa Timnas Indonesia juara Piala AFF U-19 edisi 2013 yang berlangsung di Sidoarjo, Jawa Timur. Ketika itu Timnas Indonesia U-19 era Evan Dimas menaklukkan Vietnam melalui adu penalti di final. 

Indra Sjafri kembali membawa Timnas Indonesia juara Piala AFF U-22 edisi 2019 juga menaklukkan Thailand dengan skor 2-1 di final. Ini gelar pertama Timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF U-22.

Fakhri Husaini mencatatkan namanya dalam sejarah setelah mengantarkan Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16 edisi 2018. Dalam laga final, Timnas Indonesia U-16 menaklukkan Vietnam melalui adu penalti. 

Beberapa waktu lalu, Bima Sakti Tukiman yang menjadikan Timnas Indonesia U-16 raja Piala AFF U-16 edisi 2022. Bima Sakti membuktikan ramuannya saat membawa Timnas Indonesia U-16 menaklukkan Vietnam dengan skor 1-0 di final pada 12 Agustus 2022.

Namun, untuk level senior, Timnas Indonesia belum sekalipun juara baik saat dilatih pelatih lokal maupun asing. Prestasi terbaik Timnas Indonesia senior enam kali menjadi runner-up. 

Terakhir, pelatih asing Shin Tae-yong juga hanya membawa Timnas Indonesia senior finis menjadi runner-up Piala AFF 2020. Shin Tae-yong juga hanya mampu membawa Timnas Indonesia meraih perunggu di SEA Games 2021.

Tantangan terbesar pelatih lokal maupun asing saat ini adalah memecah telur di Timnas Indonesia senior untuk menjadi juara Piala AFF. Tantangan tersebut menjadi ujian bagi Shin Tae-yong menjelang Piala AFF 2022. 

Kini, Shin Tae-yong berusaha untuk menghapus kutukan runner-up. Ditunggu saja  kiprahnya. Tentu saja, harapan seluruh masyarakat Indonesia, bisa meraihnya. 

 

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut