get app
inews
Aa Read Next : Beasiswa Juara dari Universitas BSI, Solusi untuk Calon Mahasiswa yang Resah dengan UKT Mahal

12 Destinasi Wisata Bernuansa Alam di Purwokerto, Pas untuk Melepas Penat

Jum'at, 12 November 2021 | 18:40 WIB
header img
Kawasan wisata alam hutan pinus Limpakuwus. (Foto: Elde Joyosemito)

PURWOKERTO, iNews.id - Berkunjung ke Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah belum lengkap rasanya jika Anda belum menuju ke destinasi-destinasi wisata bernuansa alam. Salah satunya Baturaden, dengan menempuh jarak sekitar 18,5 kilometer atau sekitar satu jam dari Kota Purwokerto, terdapat berbagai macam tempat wisata bernuansa alam yang cukup menarik di Kota mendoan ini.

Tepat berada di kaki Gunung Slamet, suasana sejuk dan asri hutan pinus menambah betah suasana setelah penat bekerja selama sepekan. Kira-kira tempat wisata apa saja yang terdapat Kota Purwokerto?, berikut 12 destinasi wisata bernuansa alam pelepas penat yang dirangkum iNews Purwokerto, Jumat (12/11/2021).

1. Lokawisata Baturraden


Kawasan wisata Baturraden yang tetap perketat protokol kesehatan. (Foto: Elde Joyosemito)

Lokawisata yang satu ini paling wajib dikujungi saat liburan atau saat hari-hari biasa bersama keluarga, karena di dalam lokawisata Baturraden yang berada di Desa Karangmangu, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas ini terdapat berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa. Dengan dipadukan suasana alam sekitar yang sejuk, destinasi wisata yang satu ini paling populer dikunjungi warga Purwokerto saat hari libur maupun hari biasa.

2. Kebun Raya Baturraden

Kebun Raya Baturraden berada di jalan yang akan menuju objek wisata Pancuran Tujuh atau Pancuran Pitu Batturaden. Di area Kebun Raya Baturraden ini pengunjung dapat menikmati nuansa alam sekitar, dengan rimbunnya pepohonan serta pemandangan yang sangat indah dan rapi menjadikan lokasi tersebut sangat cocok sebagai latar berswafoto bersama keluarga

Kebun seluas 14,4 hektar ini mengoleksi berbagai macam jenis flora yang dijaga kelestariannya. Tanaman dikelompokkan dalam nama taman berdasarkan jenisnya seperti Taman Obat, Taman Liana, Taman Paku, Taman Flora of Java dan lainnya. 

Hingga saat ini Kebun Raya Baturaden mengkoleksi 2215 spesimen, 722 spesies, 446 magra, dan 127 suku tanaman. Tempat ini juga sangat cocok dijadikan sebagai tempat belajar, penelitian akan jenis jenis tanaman serta piknik keluarga.

3. Desa Wisata Ketenger

Desa Wisata Ketenger salah satu destinasi wisata yang tidak boleh ditinggalkan saat berada di Baturraden. Di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger ini memiliki suasana alam yang sangat nyaman berupa curug gede dan curug kembar. Di Desa ini pengunjung dapat menikmati hiburan kesenian seperti wayang kulit Banyumasan, lengger calung, begalan, siteran, ebeg atau kuda lumping.

Nah selain kesenian dan wisata alamnya, pengunjung juga dapat menyusuri jejak sejarah peninggalan Belanda, seperti waduk Ketenger dan rel kereta lori yang tiang jembatannya masih beridiri kokoh, meskipun relnya sudah tidak ada, melintasi desa.

Sebagai pelengkap wisata ke Desa Wisata Ketenger, anda dapat menikmati kuliner khas Banyumas, seperti tempe mendoan, pecel, nopia dan air badeg kelapa.

4. Pancuran Pitu atau Pancuran Tujuh


Wisatawan menikmati pijat belerang di Pancuran Pitu atau Pancuran Tujuh, Baturraden, (Foto : Bayu Sasongko).

Baturaden di Kabupaten Banyumas, memiliki berbagai destinasi wisata unggulan yang menarik banyak wisatawan. Salah satunya adalah Pancuran Pitu atau Pancuran Tujuh, yang berada di kaki Gunung Slamet dan merupakan sumber air panas yang mengandung belerang.

Setiap libur tiba, kawasan Lokawisata Baturraden pasti langsung dipenuhi oleh wisatawan. Kebanyakan mereka datang dari Kota Purwokerto dan sekitarnya dan adapula yang berasal dari kota kota besar seperti Jakarta. Di Pancuran Tujuh, wisatawan juga dapat menikmati pijat belerang dari sumber mata air panas yang keluar dari tujuh sumber mata air.

Para pemijat belerang yang tergabung dalam sebuah paguyuban, siap untuk melayani para wisatawan. Untuk biaya pijat belerang dikaki atau tangan sekitar Rp 15 ribu, dan untuk seluruh tubuh sekitar Rp 50 ribu. Khasiat belerang itu terutama buat yang reumatik, sering sakit-sakit, untuk melancarkan peredaran darah.

5. Tebing Selirang

Masih berada disekitar area wisata Pancuran Pitu. Di kawasan itu juga terdapat destinasi wisata lainnya,yakni Tebing Selirang. Tebing setinggi sekitar 50 meter tersebut terbentuk dari aliran air hangat yang membawa belerang. Airnya hangat dan ditambah suasana rimbunnya pepohonan disekitarnya, menambah betah untuk berlama-lama di lokasi tersebut.


Tebing Selirang, setinggi sekitar 50 meter berada dikawasan pancuran Tujuh Baturraden terbentuk dari aliran air hangat yang membawa belerang. (Foto : Aryo Rizqi).

Untuk mencapai Tebing Selirang, wisatawan hanya perlu berjalan menuruni anak tangga dari sumber mata air panas Pancuran Tujuh. Tebing Selirang ini airnya hangat, sekitar 40-45 derajat, kemudian tebing belerang ini juga dipercaya airnya dapat memberikan kesehatan untuk kulit. Untuk air terjun seperti ini yang airnya hangat dan eksotis diklaim tidak ada ditempat lain, hanya ada di Pancuran Tujuh Baturraden.

6. Hutan Pinus Limpakuwus


Destinasi wisata alam di Banyumas Jawa Tengah dengan pemandangan yang sangat menawan. Salah satunya hutan pinus limpakuwus ini. (Foto IG Limpakuwus)

Lereng selatan Gunung Slamet yang berada di Baturraden menyimpan beragam keindahan alam. Mulai dari hutan, air terjun, sungai dan lainnya. Semuanya menyajikan sensasi tersendiri. Tetapi semuanya berujung pada daya tarik alamnya. Seperti hutan pinus Limpakuwus yang terletak di Desa Limpakuwus berbatasan persis dengan wisata Telaga Sunyi.

Hutan pinus Limpakuwus berada diketinggian sekitar 750 meter di atas permukaan laut (Mdpl). Dengan ketinggian itu, maka kesejukan sudah terasa. Bahkan, pagi dan sore menjelang senja, kabut yang turun menambah sahdu suasana. 

7. Telaga Sunyi

Sesuai dengan namanya, Telaga Sunyi berada di suatu kawasan yang sunyi tepatnya berjarak sekitar 2.8 kilometer dari Lokawisata Baturaden. Objek wisata alam Baturaden ini sangat cocok bagi mereka yang ingin bersantai sejenak melarikan diri dari hiruk pikuk keramaian kota. Telaga ini memiliki panorama alam yang indah, udara pegunungan yang sejuk, ditambah pohon-pohon besar yang rindang membuat pengunjung betah berlama-lama di sini. Telaga sunyi memiliki kedalaman hingga 3 meter.

Air telaga yang jernih menggoda siapa saja yang datang untuk segera berenang di dalamnya. Fasilitas kamar mandi atau kamar ganti serta musala sudah tersedia di sini. Namun, hanya ada beberapa penjual makanan yang menjajakan dagangannya, sehingga pengunjung disarankan untuk membawa bekal dari rumah.

8. Baturaden Adventure Forest

Jika kamu dan keluarga adalah orang-orang yang menyukai tantangan dan petualangan, Baturaden Adventure Forest bisa jadi pilihan destinasi wisatamu saat berkunjung ke Baturaden. Karena di tempat ini pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas menantang yang mengasyikkan.

Di Baturaden Adventure Forest terdapat River Boarding atau meluncur bersama arus air sungai, Canyon Adventure yaitu menelusuri sungai untuk merambah lembah dan jurang, Rapperlling atau Abseilling yakni menuruni tebing dengan tali atau abseiling. Ada juga Mini Circuit Bike, Forest Trekking, TreeTrek Adventure, Longslide, Cold-water Theraphy, dan Bungee Trampoline.

Udaranya yang segar dengan indahnya panorama alam di sekitar. Jika datang di pagi hari, kamu akan berkesempatan untuk melihat Gunung Slamet yang menjulang di kejauhan. Baturaden Adventure Forest terletak di Karangsalam, Baturaden.

9. Bukit Watu Meja

Tak jauh dari salah satu sungai terbesar di Jawa Tengah, Bukit Watu Meja merupakan tempat wisata di Purwokerto yang menyuguhkan pemandangan indah sungai serayu dari atas bukit.

Dari atas bukit, kamu akan dimanjakan dengan hutan pinus, pemandangan sungai, serta pemandangan kereta yang melintas di atas jembatan Sungai Serayu.

​​​​​10. Manggala Ranch 


Manggala Ranch, bukit asri ala Eropa,. Destinasi wisata alam di Banyumas Jawa Tengah dengan pemandangan yang sangat menawan (Foto : Elde Joyosemito/iNews.id)

Suasana perbukitan yang ditumbuhi rumput hijau dilengkapi dengan beberapa ekor sapi yang sedang memakan rerumputan bisa kita liat di luar negeri seperti New Zealand. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan sensasi padang bukit asri ala Eropa.  

Kamu tinggal datang ke Cilongok, Banyumas. Lokasinya berada di Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTU-HPT) Area bukit Manggala. Hamparan rumput yang luas sangat cocok untuk dijadikan tempat piknik. Anda hanya perlu menggelar tikar dan duduk santai sambil menikmati pemandangan dan juga bermain dengan ternak yang ada ditempat ini.

Pasalnya hewan ternak seperti domba dan sapi perah dilepas liar di sini. Tak hanya sekedar menikmati pemandangan alam peternakan, Anda juga bisa belajar beternak dan juga memerah sapi secara langsung. Lokasi Manggala Ranch ini bisa Anda tempuh dengan waktu 45 menit dari kota Purwokerto. Tidak butuh tiket apa pun untuk memasuki lokasi ini. Namun, Anda perlu membayar  parkir seharga Rp2.000 hingga Rp3.000 untuk motor.

11. Telaga Kumpe 

Tempat piknik di Banyumas, Jawa Tengah berikutnya adalah Tegala Kumpe. Terletak di Grumbul Pesawahan, Desa Gunungluruh, Kecamana Cilongok, Banyumas. Tempat ini agak jauh dari pusat kota, sekitar 18 kilometer atau sekitar 40 hingga 60 menit dari Kota Purwokerto. 

Pemandangan hijau menyejukkan disekeliling tegala, ditambah air telaga yang tenang  dan juga udara khas daerah pegunungan dijamin mampu mengusir rasa penat dan stres bagi siapapun yang mengunjungi tegala kumpe. 
Selain menikmati keindahan alam, Anda juga bisa mencoba menaiki perahu. 

Biaya sewa peratu hanya Rp5.000 per orang untuk 30 menit. Setiap perahu sudah dilengkapi dengan pelampung. Di sini juga terdapat warung yang menjajakan berbagai makanan ringan seperti mendoan. Tiket masuk ke telaga Kumpe yaitu Rp5.000 per orang. Sayangnya, belum terdapat penginapan terdekat di tempat ini. 

12. Bukit Padang Munggang 

Bukit Padang Munggang bisa menjadi salah satu tempat piknik di Banyumas Jawa Tengah. Dari atas sini Anda bisa melihat keindahan alam dan juga suasana Kota Purwokerto. Tempat ini memang sering dijadikan tempat camping, tetapi tak ada salahnya jika kamu hanya singgah untuk berpiknik dengan teman atau keluarga. 

Bukit ini juga dikelilingi berbagai gunung, sehingga dari sini Anda dapat melihat Gunung Slamet, Gunung Sumbing, dan juga Sindoro. Terdapat fasilitas toilet dan juga mushola. Tempat ini buka setiap harinya. Tiket masuk Bukit Padang Munggang yaitu sekitar Rp 5.000 per orang. 

Itu dia 12 destinasi wisata bernuansa alam di Kota purwokerto, Kabupaten Banyumas yang telah memenuhi standart protokol kesehatan Covid-19. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari tempat piknik dengan suasana alam yang eksotis.

Jangan lupa ajak keluarga atau sahabat dan tetap menjaga kesehatan serta menggunakan masker. Anda juga bisa mengunjungi aplikasi Dolan Mas sebagai referensi dan informasi kepariwisataan Banyumas.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut