get app
inews
Aa Read Next : Nih, Tips Agar Tetap Sehat Menjalani Puasa di Bulan Ramadan

5 Manfaat Timun Suri, Cegah Dehidrasi hingga Redakan Sembelit

Minggu, 25 April 2021 | 15:03 WIB
header img
Timun suri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, antara lain mencegah dehidrasi dan meredakan sembelit. (Foto: iNews.id/Ant).

JAKARTA, iNews.id - Timun suri identik dengan Ramadan. Buah musiman ini menyegarkan saat dibikin minuman dingin untuk berbuka puasa.

Timun suri punya beberapa nama seperti garden lemon, yellow cucumber, apple cucumber, budamkaya, dosakai, crystal lemon, hingga crystal apple ini masuk dalam kategori labu. Tekstur timun suri memang agak sedikit lembek. 

Sering dikonsumsi sebagai hidangan berbuka puasa tiap bulan Ramadan, sebetulnya apakah manfaat kesehatan timun suri? Berikut kegunaannya, dikutip dari Healthbenefittimes, Minggu (25/4/2021).

1. Mencegah dehidrasi. 

Sebagai buah yang mengandung kandungan air sangat tinggi,  daging buah timun suri pastinya memiliki manfaat untuk menghidrasi tubuh dengan baik. Dengan demikian, timun suri sangat cocok disantap ketika berbuka puasa.

2. Antiinflamasi. 

Timun suri diketahui mengandung vitamin C dan caffeic acid, dua zat antioksidan yang bersifat antiinflamasi.

Biji timun suri jika dikeringkan lalu dikonsumsi, disebutkan punya manfaat untuk memberikan stamina, kekuatan pada tubuh. Bahkan juga meningkatkan kualitas sperma untuk pria.

4. Meredakan sembelit 

Manfaat lainnya adalah dapat mengatasi sembelit. Mengonsumsi daging buah timun suri ditambah dengan asupan teratur dalam pola makan, bisa membantu untuk meredakan sembelit loh!

5.Kaya serat

Tidak hanya daging buah, kulit timun suri juga bisa dikonsumsi. Kulit timun suri bisa dimakan untuk meningkatkan asupan serat. Secara umum, timun suri menawarkan cukup banyak nutrisi bermanfaat bagi tubuh. 

Kandungan dari buah ini yaitu vitamin A, vitamin C, zat besi, dan kalsium, serta berbagai antioksidan dan bahan aktif lainnya. Namun, jika dibandingkan sayur dan buah-buahan lainnya, timun suri sayangnya memiliki konsentrasi nutrisi yang relatif rendah.

Editor : Zen Teguh

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut