get app
inews
Aa Read Next : Daop 5 Purwokerto Siagakan 68 Petugas Tambahan untuk Pastikan Kelancaran Perjalanan KA

Daop 5 Purwokerto Tambah Layanan Test Antigen, Ini Lokasinya

Sabtu, 04 Desember 2021 | 12:39 WIB
header img
Test rapide antigen di Stasiun. (Foto : Ist).

PURWOKERTO, iNews.id - PT KAI Daop 5 Purwokerto menambah tempat layanan rapide test antigen bagi pengguna jasa Kereta Api. Dari sebelumnya hanya dilayani di enam stasiun di wilayah Daop 5 Purwokerto, kini test antigen juga dapat dilayani di stasiun Cilacap.

"Sebelumnya layanan test antigen hanya dilayani di 6 stasiun di wilayah Daop 5 Purwokerto, yaitu di Stasiun Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo dan Sidareja. Namun mulai Sabtu (4/12) calon penumpang bisa mendapatkan layanan antigen di Stasiun Cilacap," kata Vice President PT KAI Daop 5 Purwokerto, Daniel Johannes Hutabarat, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/12/2021).

Dia mengatakan penambahan stasiun layanan rapide test antigen ini sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan. 

"Layanan test antigen di Stasiun Cilacap berlokasi di sebelah kanan lobby Stasiun Cilacap dengan jam pelayanan dari pukul 08.00 WIB s.d 16.00 WIB," ujarnya.

Hal ini sesuai SE Kemenhub Nomor 97 Tahun 2021, bahwa penumpang KA jarak jauh diwajibkan membawa surat keterangan hasil negatif rapid test antigen yang berlaku maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan. Untuk itu pelanggan KA jarak jauh dapat memanfaatkan layanan rapid test antigen seharga Rp 45.000. 

Sedangkan untuk lokasi layanan test rapide antigen di Stasiun Purwokerto yang sebelumnya berada di pintu masuk timur Stasiun Purwokerto, saat ini lokasi Test Antigen dipindahkan ke pintu keluar barat Stasiun Purwokerto. Sedangkan jam layanan Test Antigen di Stasiun Purwokerto dari pukul 07.00 WIB sampai dengan 19.00 WIB.

Dia menjelaskan, untuk menjangkau lokasi test rapid antigen di Stasiun Purwokerto ini, calon penumpang kereta yang telah memiliki tiket kereta dapat melalui jalan menuju pintu keluar sebelah barat Stasiun Purwokerto atau di sebelah timur Pasar Pon. Jalan Saga Baru merupakan nama jalan untuk masuk ke lokasi tes rapid antigen di Stasiun Purwokerto.

"Dari Underpass Jenderal Soedirman Purwokerto menuju arah Cilongok, tepat di perempatan jalan underpass tersebut, calon penumpang kereta api dapat mengambil jalur kanan setelah tanjakan underpass," ujarnya.

Dia menegaskan, KAI selalu memastikan seluruh pelanggan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dan hanya mengizinkan pelanggan yang sesuai persyaratan untuk naik kereta api.  

"Kami himbau kepada calon penumpang untuk mempersiapkan waktu sebaik mungkin jika melakukan pemeriksaan Antigen di stasiun. Kami sarankan untuk melakukan pemeriksaan pada H-1 keberangkatan untuk menghindari antrian. Jangan mendekati waktu keberangkatan KA agar tidak terburu-buru bahkan malah tertinggal KA,” jelasnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut