get app
inews
Aa Read Next : Anak Pejabat Jadi Korban Penganiayaan, Lapor ke Polresta Banyumas dan Denpom

Pesta Halloween di Seoul Tewaskan Ratusan Orang, Saksi: Kerumunan Tidak Terkendali

Minggu, 30 Oktober 2022 | 07:07 WIB
header img
Tidak kurang dari 149 tewas dalam perayaan pesta Hallowen di Seoul, Korea Selatan. Kemungkinan, korban masih akan bertambah banyak, sebab sampai sekarang pendataan terus berlangsung. (Foto: iNews.id/Reuters)

SEOUL, iNewsPurwokerto.id - Tidak kurang dari 149 tewas dalam perayaan pesta Halloween di Seoul, Korea Selatan. Kemungkinan, korban masih akan bertambah banyak, sebab sampai sekarang pendataan terus berlangsung.

Pesta Halloween tersebut merupakan kali pertama setelah tiga tahun tidak ada akibat Covid-19. Dalam tiga tahun sebelumnya,negeri ginseng tersebut mencabut pembatasan Covid dan aturan jarak sosial. Banyak pengunjung pesta mengenakan topeng dan kostum Halloween. 

Saksi menceritakan bahwa awal mula petaka tersebut, pada saat kerumunan menjadi semakin tidak terkendali saat malam semakin larut. 

Suasana kacau mulai pukul 22.20 waktu setempat (20.20 WIB). Situasinya benar-benar kacau, sehinggga membuat orang saling berdesak-desakan. 

Polisi kesulitan untuk mengendalikan kerumunan di acara tersebut. 

Perayaan tersebut digelar di salah satu kawasan kehidupan malam di ibu kota Korsel itu, Sabtu (29/10/2022) malam. 

Moon Ju Young (21) seorang saksi mata mengatakan, dia sudah melihat tanda-tanda akan terjadinya kekacauan di gang-gang sekitar lokasi sebelum insiden itu. “Setidaknya, acara itu 10 kali lebih ramai dari biasanya,” katanya kepada Reuters.

Dal;am video yang beredar di media sosial menunjukkan, ratusan orang yang memadati sebuah gang sempit. Orang-orang itu tidak bisa bergerak ketika petugas darurat dan polisi mencoba menarik mereka agar terbebas dari kerumunan. 

Kepala Stasiun Pemadam Kebakaran Yongsan, Choi Sung Beom, mengatakan, semua korban tewas kemungkinan besar akibat berdesak-desakan di satu gang sempit itu. 

Dalam rekaman video lainnya memperlihatkan bahwa kekacauan saat petugas pemadam kebakaran dan warga merawat puluhan orang yang tampaknya yang tidak sadarkan diri. 

Petugas pemadam kebakaran dan saksi mata mengatakan, orang-orang terus berduyun-duyun mendatangi gang sempit yang sudah penuh sesak itu. 

Karena jalan di gang itu memiliki kemiringan, orang-orang pun berjatuhan di atas jalan akibat berdesak-desakan. Seorang perempuan yang tidak disebutkan namanya mengatakan, putrinya selamat dari kecelakaan itu. 

Artikel ini telah tayang dengan judul Detik-Detik Tragedi Pesta Halloween di Seoul Tewaskan 149 Orang: Semakin Malam Kondisi Tak Terkendali

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut