Logo Network
Network

Jembatan Penghubung Purwokerto-Purbalingga Ditutup Akibat Longsor, Bupati: Besok Mulai Diperbaiki

Arbi Anugrah
.
Minggu, 22 Januari 2023 | 16:27 WIB
Jembatan Penghubung Purwokerto-Purbalingga Ditutup Akibat Longsor, Bupati: Besok Mulai Diperbaiki
Jembatan Penghubung Purwokerto - Purbalingga Ditutup Akibat Longsor, Bupati: Besok Mulai Diperbaiki. Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

PURWOKERTO, INewsPurwokerto.id - Jembatan Kali pelus yang berada di wilayah Kelurahan Arcawinagun, Kecamatan Purwokerto Timur, Banyumas Sabtu (21/1) pukul 18.30 ditutup total dua arah. Jembatan yang menghubungkan Purwokerto dan Purbalingga itu ditutup karena mengalami keretakan setelah tergerus arus sungai akibat banjir kiriman dari wilayah Baturraden.

Jembatan tersebut merupakan akses utama warga Purwokerto dan Purbalingga. Selain jembatan mengalami retak, banjir juga mengerus pondasi bangunan toko material yang berada di sisi barat jembatan. Sebagian bangunan longsor ke dalam sungai. 


 

Bupati Banyumas Achmad Husein yang meninjau lokasi pada Minggu (22/1/2023) mengatakan jika pihaknya akan segera melakukan perbaikan terhadap jembatan penghubung dua kabupaten tersebut. Pasalnya, jalur dan jembatan tersebut sangat penting untuk mobilitas warga setempat maupun antar kedua kabupaten.

"Mulai dikerjakan Senin besok, menggunakan Dana BTT, karena kalau menggunakan APBD baru bisa dikerjakan bulan September sehingga harus ada pendampingan Aparat Penegak Hukum (APH)," kata Bupati Banyumas Achmad Husein saat meninjau jembatan.

Husein memperkirakan penanganan darurat memakan waktu kira kira satu minggu. Pekerjaan temporary jembatan meliputi 3 hal yaitu pengamanan kolom dan abutment sebelah barat, mencegah scouring di hilir jembatan dan pengamanan abutment timur.

"Yang temporary supaya jalan aman dilewati. Perbaikkan permanen adalah mengganti jembatan total sekalian di lebarkan baru bisa tahun 2024," jelasnya.

 

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini