get app
inews
Aa Read Next : Ini Jadwal Lelang Moro Purwokerto, Segini Harganya

Pantau Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Tradisional Kini Lebih Mudah dengan Aplikasi Sigaokmas

Rabu, 25 Januari 2023 | 13:34 WIB
header img
Pantau Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Tradisional Kini Lebih Mudah dengan Aplikasi Sigaokmas. Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Untuk memudahkan masyarakat dalam memantau harga kebutuhan pokok di pasar-pasar tradisional, Pemerintah Kabupaten Banyumas meluncurkan aplikasi Sigaokmas (Sistem Informasi Harga Pokok Banyumas) di Pasar Manis Purwokerto pada Selasa (24/1) malam. Selain aplikasi, terdapat pula running teks yang nantinya dipasang di 13 titik pasar yang ada di Banyumas.

"Adanya running teks di 13 titik pasar tradisional dan aplikasi Sigaokmas merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memberikan perlindungan kepada konsumen saat berbelanja," kata Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono dalam keterangannya, Rabu (25/1/2023).

Sadewo mengaku merasa senang dengan adanya running text di 13 titik pasar ini. Karena dapat membantu menyajikan data yang membantu masyarakat dalam memperoleh harga terbaru komuditas yang dibutuhkan.

"Tapi di dalamnya, tidak terpatok dari harga yang tertera di running text. Jadi tetap ada proses tawar menawar seperti pasar tradisional pada umumnya," ucapnya.

Sementara menurut Kepala Dinperindag Banyumas Titik Puji Astuti menjelaskan adanya aplikasi Sigaokmas yang bekerjasama dengan Dinkominfo selain bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada konsumen dalam berbelanja. Aplikasi dan informasi ini juga sebagai upaya agar konsumen dapat mengetahui harga secara reel time.

"Selain itu sebagai alat pendeteksi dini bagi pemerintah dalam membuat kebijakan apabila terjadi fluktuasi harga di pasar rakyat," ujarnya.

Untuk saat ini, lanjut dia, running text sudah terpasang dibeberapa pasar di Kabupaten Banyumas, diantaranya di Pasar Banyumas, Sokaraja, Manis, Larangan, Kemukusan, Jatilawang, Sangkalputung, Tambak, Pahing, Ajibarang, Wage, Pon dan Pasar Proliman.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut