get app
inews
Aa Read Next : Purbalingga Raih Predikat Baik Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral 2024

Dukung Sektor Pertanian, Lumbung Pangan Masyarakat Desa di Purbalingga Diresmikan

Senin, 20 Desember 2021 | 18:46 WIB
header img
Untuk mendukung sektor pertanian di Purbalingga, lumbung pangan masyarakat milik Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) diresmikan. (Foto : Humas Pemkab Purbalingga).

PURBALINGGA, iNews.id - Lumbung pangan masyarakat milik Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tani Maju Desa Karangjambe, Kecamatan Padamara, diresmikan oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi. Persemian lumbung padi itu untuk mendukung sektor pertanian di Purbalingga memiliki potensi yang luar biasa.

“Perhatian pemerintah terhadap sektor petanian difokuskan untuk menghindari kelangkaan beras, terlebih didukung dengan sebagian besar masyarakat Purbalingga bekerja di sektor pertanian," kata Tiwi, dalam rilisnya, Senin (20/12/2021).

Bupati Tiwi juga menawarkan kepada kelompok tani mengenai adanya program dana stimulan bagi kelompok tani. Dana Stimulan sebesar 10 – 30 juta rupiah tersebut diberikan khusus kepada kelompok tani, UMKM, sampai kelompok-kelompok penggiat wisata.

“Bagi masyarakat yang ingin mengikuti program dana stimulan dapat langsung membuat proposal permohonan kepada bupati sebagai persyaratan,” tuturnya.

Sejumlah bantuan diberikan pemerintah kepada Gapoktan Tani Maju Desa Karangjambe untuk mendukung petani agar sektor pertanian yang ada di wilayah Purbalingga lebih maju. Bantuan tersebut senilai Rp520 juta rupiah yang dimanfaatkan untuk pembanguan gedung lumbung pangan, lantai jemur, mesin dan perlengkapan. 

Menurut Jamingan, Ketua Gapoktan Tani Maju mengakatakn jika pihaknya juga menerima bantuan berupa gabah kering giling seberat 8 ton atau senilai 48 juta rupiah.

“Gapoktan Tani Maju juga mendapatkan bantuan dari Dinas Pertanian  sebesar Rp 200 juta, berupa sepeda motor roda tiga, sapi beserta kandangnya, mesin pencacah rumput,” kata Jamingan.

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut