get app
inews
Aa Read Next : KPU Banyumas Adakan Sosialisasi Pencalonan Perseorangan untuk Pilkada Bupati

Pengukuhan PABPDSI, Wabup Sadewo Minta Sinergi dengan PPDI dan Satria Praja

Sabtu, 04 Februari 2023 | 17:12 WIB
header img
Pengukuhan Pengurus terpilih serta perwakilan anggota Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Banyumas berlangasung di Pendopo Wakil Bupati pada Sabtu (4/2/2023). (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Pengukuhan Pengurus terpilih serta perwakilan anggota Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Banyumas berlangsung di Pendopo Wakil Bupati pada Sabtu (4/2/2023). 

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono meminta kepada PABPDSI untuk bersinergi dengan organisasi desa lainnya. Misalnya dengan PPDI (Persatuan Perangkat Desa Indonesia) Banyumas dan Satria Praja yang merupakan persatuan kades-kades di Banyumas.

“Saya minta kolaborasi yang baik. Jangan sampai ada hubungan yang saling menusuk. Karena mitra seharusnya saling gotong royong, bahu membahu demi kesejahteraan masyatakat,”katanya dalam arahannya. 

Ketua PABPDSI Eko Prayitno menjelaskan untuk keseluruhan anggota di Kabupaten Banyumas yakni sekitar 2.500 orang. Masing-masing memiliki tujuan sebagai mitra desa yang akan berkontribusi secara maksimal melalui penguatan kapasitas guna mewujudkan desa sehat, damai dan berkeadilan serta desa sehat, maju dan berkemakmuran.

"Langkah awal yang akan kami lakukan adalah konsolidasi anggota dan pengurus untuk bersama-sama turun ke kecamatan-kecamatan sehingga nanti akan lebih mudah memfasilitasi rekan BPD di desanya masing-masing,”ujarnya.

Ketua Paguyuban Kepala Desa Satria Praja Kabupaten Banyumas Saifudin mengaku menyambut dengan baik atas pengukuhan PABPDSI Banyumas sebagai mitra kerja. 

"Nantinya kami akan membangun sekretariat bersama antara PPDI Banyumas, PABPDSI dan Satria Praja untuk merumuskan pembangunan desa baik secara fisik maupun non fisik,”tambahnya. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut