get app
inews
Aa Read Next : UMP Kembali Gelar Festival Balon Udara, Catat Tanggalnya Agar Tak Tertinggal Keseruannya

Festival Kentongan Ramaikan Milad UMP ke 58 di Purwokerto

Minggu, 05 Maret 2023 | 20:12 WIB
header img
Festival Kentongan Ramaikan Milad UMP ke 58 di Purwokerto. Foto: Arbi Anugrah

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar festival kentongan di halaman gedung rektorat UMP, Minggu (5/3/2023). Festival kentongan ini untuk memeriahkan Milad UMP Purwokerto ke 58.

Rektor UMP, Jebul Suroso mengatakan, setidaknya terdapat 11 kelompok kentongan di Kabupaten Banyumas yang ikut meramaikan Festival kentongan ini. Lomba festival kentongan ini juga untuk menjaga kebudayaan dan kesenian Banyumas.


Festival Kentongan Ramaikan Milad UMP ke 58 di Purwokerto. Foto: Arbi Anugrah

 

"Kita melakukan uri uri budaya Banyumas pada Milad kali ini. Salah satunya lomba kenthongan. Kenthongan sangat khas dengan budaya Banyumas dan sekitarnya. Kita juga ada pusat studi budaya Banyumas. Ke depan, mudah-mudahan kita lebih banyak kontribusinya untuk budaya Banyumas," kata Jebul kepada pada wartawan.

11 Kelompok kentongan tersebut diantaranya berasal dari beberapa daerah di Banyumas dan menampilkan kesenian kentongan dengan sangat atraktif serta memiliki beberapa cerita yang bervariasi. Penampilan yang dibawakan kelompok kentongan ini akan dinilai oleh juri yang berasal dari para dosen di UMP, seperti dosen seni tari, dosen musik serta guru besar sejarah babad Banyumas, Prof Sugeng Priyadi.

Selain menampilkan kelompok kentongan, dalam milad UMP kali ini, ratusan masyarakat hadir untuk menyaksikan festival kesenian ini. Selain itu, puluhan UMKM yang merupakan binaan UMP juga dihadirkan sebagai bentuk dukungan UMP terhadap para pelaku UMKM di kabupaten Banyumas.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut