get app
inews
Aa Read Next : Gubernur Dorong RSI Banjarnegara untuk Jadi Rumah Sakit Covid

RSI Banjarnegara Kewalahan Berburu Oksigen

Selasa, 29 Juni 2021 | 18:39 WIB
header img
RSI Banjarnegara kesulitan mendapat suplai oksigen. (Foto: Bayu Sasongko)

BANJARNEGARA, iNews.id- Melonjaknya kasus covid 19 di berbagai wilayah dan kesulitan mendapatkan oksigen setali tiga uang dengan di Banjarnegara. Salah satunya kasus di Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara yang sudah kesulitan mendapatkan pasokan gas tersebut. Padahal kebutuhan gas tersebut saat ini sangat urgen untuk membantu pasien covid 19 yang dirawat.

Direktur RSI dr Agus Ujianto SpB membenarkan kondisi tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan oksigen pihaknya sampai berburu ke peternak ikan di Banjarnegara yang di beberapa kecamatan merupakan sentra peternak ikan. "Untuk saat ini, kita agak terbantu dari peternak ikan di Banjarnegara. Mereka sebenarnya sangat mmbutuhkan oksigen, namun mereka memiliki kesadaran tinggi untuk menolong terkait kesehatan dan kemanusiaan. Kami sangat berterimakasih kontribusi peternak ikan di Banjarnegara," kata Agus, Selasa (29/6).

Agus menambahkan, kini peternak ikan menjadi relawan kemanusiaan, bahkan rela untuk mencarikan gas untuk rumah sakit. "Semalam saya dapat informasi, dari teman teman disini, peternak ikan sampai mencarikan ke luar daerah, Cilacap, dan alhamdulillah dapat 17 tabung gas. Ini sangat luar biasa," katanya.

Terkait kebutuhan oksigen di RSI Banjarnegara, perhari kebutuhnnya sampai 100 tabung perhari, terkait jumlah isolasi yang kini mencapai 50 bed. Satu pasien jika kondisinya kurang baik, satu tabung besar bisa habis dalam waktu satu jam saja.

Dengan kondisi kesulitan tersebut, pihaknya sudah melayangkan surat kepada pucuk pimpinan di Banjarnegara agar ada regulasi terkait oksigen. Bahkan pihaknya berharap Banjarnegara mampu membuat olsigen yang dibutuhkan pada saat ini. "Kelangkaan gas oksigen ini karena lonjakan pasien. Kalau ada pabrik khusus di Banjarnegara akan sangat membantu," tandas Agus.

Sementara Kepala Bagian Pelayanan Penunjang Medis RSI dr Masrurotut Daroen menyatakan satu tabung oksigen saat ini sangat berharga, pihaknya selalu mencari oksigen hingga kabupaten tetangga. "Kami sampai jemput di Temanggung, ada satu tabung tetap kita ambil demi kemanusiaan. Dan oksigen yg kita gunakan sama dengan yang biasa digunakan tukang las. Maupun peternak ikan," katanya.

Terkait data pasien covid, pihaknya selalu melaporkan kepada dinas kesehatan kabupaten. Adanya lonjakan pasien yang berdampak kesulitan mendapatkan oksigen ini menjadi pemikiran tersendiri. Menurutnya sebenarnya pasokan oksigen itu seperti biasa, hanya saja penggunaannya yang sangat melonjak.

"Dengan pasien sekitar 50 an, dalam satu hari gas kita butuh sekitar 100 tabung berukuran besar. Biasanya kita bisa stok sampai tiga hari, namun saat ini, stok hanya cukup untuk kebutuhan satu hari saja. Sekarang dapat, besok harus cari lagi,," terangnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut