get app
inews
Aa Read Next : Relawan Jokowi Dukung Petahana Arif Sugiyanto Maju Lagi dalam Pilkada Kebumen

Kakek Pencari Kayu Bakar Hilang di Hutan Kebumen, Basarnas: Ditemukan Selamat

Kamis, 09 Maret 2023 | 18:45 WIB
header img
Kakek Pencari Kayu Bakar Hilang di Hutan Kebumen, Basarnas: Ditemukan Selamat. Foto: Dok Basarnas Cilacap

KEBUMEN, INewsPurwokerto.id – Kakek pencari kayu bakar hilang di hutan Jrambeng Desa Kalirancang, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah sejak Rabu (8/3) kemarin. Basarnas Cilacap yang mendapatkan informasi langsung melakukan pencarian terhadap orang hilang tersebut pada Kamis (9/3/2023).

"Kronologis kejadian bermula pada Rabu (08/03) pukul 08.00 WIB, survivor pergi mencari kayu bakar ke dalam Hutan Jrambeng yang berada di Desa Kalirancang Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen. Namun korban belum juga kembali hingga Kamis (09/03). Sementara upaya pencarian telah dilakukan oleh keluarga dan masyarakat setempat di sekitar lokasi kejadian," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, Adah Sudarsa dalam keterangannya.

Adah selaku SAR Mission Coordinator (SMC) mengungkapkan jika pihaknya langsung berkoordinasi dengan BPBD Kebumen dan memberangkatkan tim SAR untuk ikut melakukan pencarian usai mendapatkan informasi.

"Mendapatkan informasi tersebut, kami selanjutnya berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Kebumen dan memberangkatkan 1 tim rescue dari Unit Siaga SAR (USS) Banyumas menuju lokasi kejadian untuk melakukan operasi pencarian dengan dilengkapi peralatan mountaineering," ucapnya. 

Korban diketahui bernama Sudarto (86) yang merupakan warga Dusun Kedungsemut Rt 03 Rw 02, Desa Kalirancang, Kecamatan Alian, Kebumen. Korban akhirnya dapat ditemukan dengan selamat sejauh 10 kilometer dari lokasi kejadian.

"Setelah melakukan pencarian di sekitar lokasi kejadian, Tim SAR Gabungan mendapatkan informasi survivor ditemukan di Desa Pujotirto Kecamatan Karangsambung atau sejauh 10 Kilometer dari lokasi kejadian. Survivor ditemukan dalam keadaan selamat dan mengalami kelelahan. Tim SAR Gabungan selanjutkan mengevakuasi ke rumah survivor", lanjut Adah. 

Dengan telah ditemukannya korban, maka operasi SAR dinyatakan ditutup. Seluruh unsur terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut