get app
inews
Aa Read Next : Thaif: Jejak Sejarah Kota Bersejarah di Timur Tengah

Pasti, Arab Saudi Tetapkan Awal Ramadan pada Kamis 

Rabu, 22 Maret 2023 | 09:47 WIB
header img
Ilustrasi keutamaan Bulan Ramadhan. (Foto: Freepik)

RIYADH, iNewsPurwokerto.id – Marhaban ya Ramadhan. Umat muslim bakal menjalani puasa pada Kamis (23/3/2023). Setidaknya itu yang akan berlaku di Arab Saudi dan sejumlah negara Timur Tengah lainnya.

Sebab, Mahkamah Agung setempat telah mengumumkan bahwa 1 Ramadan 1444 H jatuh pada Kamis (23/3/2023). Keputusan tersebut diambil karena hilal atau bulan sabit pertama penanda masuknya Ramadan tidak terlihat pada Selasa (21/3/2023). Sehingga dalam pernyataannya, Mahkamah Agung Arab Saudi memastikan kalau Rabu (22/3/2023) merupakan hari terakhir Bulan Sya'ban,

Selain Arab Saudi, Qatar juga telah menentukan awal Ramadan. Yakni ketika Komite Pemantauan Hilal di Kementerian Waqaf dan Urusan Islam Qatar mengumumkan bahwa Rabu (22/3/2023) adalah hari terakhir Sya'ban. Sehingga pada Kamis (23/3/2023) akan menjadi hari pertama bulan Ramadan di Qatar. Demikian laporan dari Qatar News Agency. 

Sementara Komite Pemantau Hilal di Bahrain juga memastikan bahwa Kamis (23/3/2023 merupakan akan menjadi hari pertama bulan Ramadhan di negara tersebut.

Untuk Indonesia, Kemenag baru akan mengadakan mengadakan Sidang Isbat penentuan 1 Ramadhan pada Rabu sore ini. 
 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut