get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Pemesanan Tiket Kereta Api Lebaran 2024, Cek Sekarang dan Nikmati Mudik ke Kampung Halaman

Penumpang KA Dihimbau Datang Lebih Awal ke Stasiun, Antisipasi Kemacetan Jalan Jelang Lebaran

Minggu, 16 April 2023 | 16:32 WIB
header img
Penumpang Kereta Api di Stasiun Purwokerto. Foto: Dok Humas Daop 5 Purwokerto

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Mengantisipasi tertinggalnya calon penumpang Kereta Api (KA) saat mudik lebaran 2023 akibat meningkatnya arus kendaraan. PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 5 Purwokerto mengimbau para pelanggan agar berangkat lebih awal menuju stasiun keberangkatan.

“Kepadatan jalan raya semakin meningkat. Kami menghimbau agar pelanggan tetap dapat menggunakan kereta api sebagai moda transportasi untuk pulang ke maupun balik dari kampung halaman, bisa mengatur waktu keberangkatan dari rumah menuju stasiun keberangkatan,” kata VP Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat dalam keterangannya, Minggu (16/4/2023).

Berdasarkan pantauan KAI Daop 5 pada Minggu, 16 April 2023 pkl 05.00 WIB, tiket KA Jarak Jauh yang telah terjual untuk keberangkatan KA awal dari Daop 5 Purwokerto di masa Angkutan Lebaran pada periode tanggal 12 April s.d 3 Mei 2023 adalah 84.253 tiket atau 44% dari total keseluruhan tiket yaitu 190.057 tiket. Jumlah tersebut masih akan bertambah, sebab penjualan tiket masih terus berlangsung. 

Sedangkan berdasarkan pantauan untuk perkiraan puncak arus balik sendiri akan terjadi pada H+2 Lebaran atau hari Selasa 25 April 2023. Pada tanggal tersebut telah terjual sebanyak 7.204 tiket atau 83% dari total tempat duduk perhari yang disediakan yakni sebanyak 8.641.

Sementara itu untuk jumlah okupansi penumpang naik di Stasiun Purwokerto sendiri tercatat sebanyak 2.607 penumpang dan sebanyak 4.074 penumpang turun. Sedangkan komulatif penumpang naik di wilayah Daop 5 sebanyak 5.658 penumpang dan sebanyak 15.172 penumpang turun. 

Daniel juga menambahkan jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut