get app
inews
Aa Read Next : Setelah Maarten Paes, Erick Pastikan Naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven

Buntut Juara Liga, Erick Thohir Langsung Audit Forensik PSSI, Tunjuk Ernst & Young

Jum'at, 21 April 2023 | 13:08 WIB
header img
Buntut Juara Liga, Erick Thohir Langsung Audit Forensik PSSI, Tunjuk Ernst & Young. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id- Ketua Umum PSSI Erick Thohir langsung menandatangi kesepakatan dengan firma audit ternama, Ernst & Young terkait rencana audit forensik PSSI. Langkah tersebut dilakukan untuk mengaudit keuangan dalam organisasi sepak bola Indonesia tersebut.

Langkah ini sebagai kelanjutan atas polemik yang terjadi dalam juara Liga 1 PSM Makassar yang tidak mendapatkan uang tunai. Bahkan, ia juga melihat adanya ketidakberesan soal keuangan di PSSI.

"Bermula dari peristiwa kemarin, ketika ada ketidakkonsistensi dalam pemberian hadiah juara liga, lalu ditengarai ada juga ketidakjelasan dalam manajemen keuangan di PSSI, maka saya langsung tanda tangan MoU dengan pihak Ernst & Young Indonesia untuk mengadakan audit forensik atas pencatatan keuangan PSSI. Hal ini dilakukan sebagai bagian utama dalam bersih-bersih, baik PSSI maupun di Liga," kata Erick Thohir dikutip dari iNews.id di Jakarta, Jumat (21/4/2022).

Persoalan manajemen keuangan di tubuh pengelola sepakbola nasional itu sebelumnya mencuat setelah muncul masalah ketidakkonsistenan pemberian bonus juara liga yang dilakukan oleh operator PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Ketidakberesan soal kerja sama antara LIB dengan PSSI, termasuk soal transfer pembayaran LIB ke PSSI, mendorong Erick harus melakukan langkah tegas berupa pemeriksaan agar manajemen keuangan, baik di PSSI dan selanjutnya di PT LIB, dapat terbuka, transparan, dan akuntabel.

"Sudah pasti kita semua, saya, pengurus, dan pecinta sepakbola mau soal keuangan yang kerusial ini terbuka. Apalagi sepakbola ini milik rakyat. Kami ini hanya ditugaskan untuk membersihkan. Audit ini diperlukan agar terjadi kejelasan dan perbaikan pada pengelolaan keuangan pada seluruh pemangku kepentingan persepakbolaan Indonesia," pungkasnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut