get app
inews
Aa Read Next : 264 Pelajar Purbalingga Bersaing Ketat Ikuti Seleksi Paskibraka 2024

Tarian Kolosal Meriahkan Peringatan Hardiknas di Purbalingga

Selasa, 02 Mei 2023 | 11:48 WIB
header img
Tarian Kolosal Meriahkan Peringatan Hardiknas di Purbalingga. Foto: Dok Kominfo Kabupaten Purbalingga

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id - Ratusan penari meriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023, Selasa (2/5/2023) di Alun-alun Purbalingga. Pagelaran kolosal gending dan tari 'Gumregah' yang menampilkan keindahan gerak tari dan musik gamelan ini dipersembahkan oleh 600 pelajar dan tenaga pendidik dari Korwil Dindikbud Kecamatan Kertanegara, Kabupaten Purbalingga.

"Istilah sekarang itu cekat-ceket atau sat-set dan itu diperuntukkan bagi semuanya karena sesungguhnya bergerak cepat itu menjadi poin penting dari semangat kurikulum merdeka," kata Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan Kecamatan Kertanegara, Sasno usai upacara peringatan Hardiknas tahun 2023 tingkat Kabupaten Purbalingga.

Para penonton, mulai dari pejabat pemerintahan serta masyarakat dibuat terkesima dengan gerakan tari mereka.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan kegiatan ini merupakan upaya pemerintah untuk nguri-uri budaya, serta memberikan pengajaran dan edukasi kepada generasi muda penerus bangsa untuk bisa mencintai budaya sendiri.

"Karena kalau bukan kita yang nguri-uri budaya maka siapa lagi. Ini juga bagian agar generasi muda sadar akan jati diri bangsa karena apapun Indonesia ini adalah negara yang berbudaya," tambahnya.

Tiwi juga memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran pendidik di wilayah Korwil Kecamatan Kertanegara. "Mudah-mudahan ini semakin meluas lagi di Korwil-korwil yang lain," pungkasnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut