get app
inews
Aa Read Next : 264 Pelajar Purbalingga Bersaing Ketat Ikuti Seleksi Paskibraka 2024

Miliki Bralink EV1, Purbalingga Siap Jadi Produsen Motor Listrik

Sabtu, 20 Mei 2023 | 15:02 WIB
header img
Setelah me-launching motor listrik Bralink EV1 pada tahun 2022 lalu, Kabupaten Purbalingga menyatakan siap untuk menjadi produsen motor listrik. Foto: Ist

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id – Setelah me-launching motor listrik Bralink EV1 pada tahun 2022 lalu, Kabupaten Purbalingga menyatakan siap untuk menjadi produsen motor listrik. Motor listrik Bralink EV1 buatan Kabupaten Purbalingga ini diproduksi oleh Industri Kecil Menengah (IKM) Purbalingga dan SMK YPT 2 purbalingga.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag), Johan Arifin mengatakan, untuk makin memantapkan diri untuk memproduksi motor listrik, pada tahun 2023, pihaknya juga akan menggandeng SMK Negeri 1 Kaligondang untuk memproduksi Bralink EV2.


Motor Listrik Braling EV1 Karya Putra Daerah Purbalingga

“Bralink EV2 ini merupakan mobil formula e bertenaga listrik dan surya,” ujar Johan saat pembukaan acara Pelatihan Teknis Konversi Sepeda Motor BBM Menjadi Sepeda Motor Listrik di SMK Negeri 1 Kaligondang, Sabtu (20/5/2023).

Dalam kesempatan itu, Johan berharap dengan adanya pelatihan ini diharapkan Purbalingga akan memiliki bengkel konversi motor BBM ke motor listrik, dan Pemda Purbalingga telah mengajukan 5 motor dinas untuk dikonversi. Pelatihan ini merupakan angkatan pertama dari 8 pelatihan yang akan diadakan oleh Kementerian ESDM RI.

Dalam acara ini sendiri dihadiri oleh Asisten Perekonomian Setda Purbalingga, perwakilan Kementerian ESDM Ditjen PPSDM KEBTKE, serta diikuti oleh 20 peserta. Asisten dua Setda Purbalingga, Agus Winarno mengatakan jika kegiatan ini untuk menjawab kebimbangan para pegiat motor listrik dan Pemda Purbalingga dalam hal pengembangan serta legalitas kendaraan listrik.

“Kita sepakat dengan provinsi, Purbalingga bikin motor custom untuk obyek wisata, rumah sakit, dan harapannya peserta dilatih lalu jadi terampil bikin bengkel konversi dan dibantu sertifikasinya,” pungkasnya

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut