get app
inews
Aa Read Next : Transformasi Digital Tingkatkan Mutu Pelayanan ke Peserta JKN

Dukung Transformasi Digital Bidang Kearsipan, Pemkab Banyumas Launching Aplikasi Srikandi

Rabu, 31 Mei 2023 | 14:40 WIB
header img
Dukung Transformasi Digital Bidang Kearsipan, Pemkab Banyumas Launching Aplikasi Srikandi. Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Pemerintah Kabupaten Banyumas launching Aplikasi Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) yang bakal mendukung transformasi digital dalam sistem berbasis elektronik pengelola kearsipan. Aplikasi ini di luncurkan di Graha Smart Room Purwokerto oleh Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono.

Aplikasi Srikandi sendiri merupakan aplikasi umum bidang kearsipan dan tata kelola pemerintah berbasis elektronik. Aplikasi ini merupakan hasil kolaborasi antara Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo).

"Hal tersebut untuk menjaga identitas dan jati diri bangsa di masa depan, serta mendukung Visi Indonesia 2045 sebagai negara maritim yang berdaulat, maju dan berkelanjutan," kata Direktur Kearsipan Daerah II Suminarsih dalam keterangannya, Rabu (31/5/2023).

Ia juga berharap seluruh OPD sampai tingkat bawah dapat meningkatkan pengelolaan arsip dengan tertib arsip dan menyelamatkan arsip bersama dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Banyumas.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Banyumas Sadewo juga meminta semua perangkat daerah dan kecamatan untuk mengoptimalkan penggunaan Srikandi dalam surat menyurat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banyumas.

"Jangan hanya di launching saja tetapi harus benar-benar diterapkan sehingga manfaatnya terasa nyata," ucapnya.

Ia menjelaskan, dengan adanya Srikandi maka ke depan proses surat menyurat tidak lagi menggunakan kertas, sehingga akan paperless dan dapat memberikan perubahan dalam birokrasi pemerintah yang semakin baik, transparan dan akuntabel.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut