get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Purwokerto Minggu 7 April 2024

Miliki Gedung Baru, Ini Komitmen Instalasi Gizi RSUD Banjarnegara Demi Kesembuhan Pasien

Senin, 31 Juli 2023 | 10:40 WIB
header img
Miliki Gedung Baru, Ini Komitmen Instalasi Gizi RSUD Banjarnegara Demi Kesembuhan Pasien. Foto: Dok RSUD Banjarnegara

BANJARNEGARA, iNewsPurwokerto.id - Pembangunan gedung penunjang Instalasi Gizi RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara yang diresmikan bersamaan dengan ruang inap baru oleh Pj. Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto pada Senin (13/3) lalu, ternyata memiliki peran penting bagi para pasien. Melalui pelayanan Instalasi Gizi rumah sakit, penyelenggaraan makanan bagi para pasien dapat terpenuhi dengan optimal. 

Hal tersebut diungkapkan dr. Nurhati Febriani, Sp.Gk, FINEM, AIFO-K selaku Kepala Instalasi Gizi, yang menjelaskan jika adanya Instalasi Gizi rumah sakit bertujuan untuk menyediakan makanan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan gizi, keamanan, serta daya terima pasien. Semua itu dilakukan untuk mencapai status gizi yang optimal bagi para pasien yang tengah menjalani masa pemulihan di rumah sakit.

"Penyelenggaraan makanan di Instalasi Gizi RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara telah sesuai dengan standar akreditasi rumah sakit. Penyelenggaraan dimulai dari tahap penerimaan bahan makanan yang telah dibedakan berdasarkan jenis makanan yang selanjutnya dilakukan pengolahan sesuai dengan kebutuhan pasien harian," kata dr. Nurhati dalam keterangannya, Senin (31/7/2023).

dr. Nurhati mengungkapkan, dengan adanya gedung Instalasi Gizi RSUD Hj. Anna Lasmanah yang baru, lengkap dengan sarana dan prasarana yang sangat memadai. Pihaknya terus meningkatkan pelayanan sesuai standar prosedur operasional (SPO) yang akan menjamin kebersihan makanan dan ketepatan gizi.

Setelah makanan matang, dilakukan tes cita rasa oleh ahli gizi dan tim sebelum pemorsian. Dalam pemorsian makanan pun, ahli gizi melakukan pendampingan untuk memenuhi kesesuaian jenis makanan. Setelah itu, dilakukan pendistribusian dengan menggunakan kereta makan oleh petugas pramusaji yang sesuai standar, sehingga akan selalu menjaga komitmen kualitas makanan untuk kesembuhan pasien” ungkapnya.

Sementara menurut Direktur RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara dr. Erna Astuty berharap, dengan dibangunnya gedung baru tiga lantai untuk ruang inap baru dan Instalasi Gizi ini dapat memberikan pelayanan lebih maksimal bagi masyarakat Kabupaten Banjarnegara. Termasuk soal pemenuhan kebutuhan makanan yang berkualitas bagi para pasien.

“Ini langkah kita dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Banjarnegara, dengan peningkatan mutu yang semakin baik termasuk bagaimana kita mampu menunjang fasilitas kesehatan seperti pembangunan Instalasi Gizi untuk pemenuhi makanan berkualitas.” ucap dr. Erna Astuty.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut