get app
inews
Aa Read Next : Puhua Charity Programme, Rayakan Imlek Lewat Bakti Sosial untuk Bangun Empati Sesama

Bakti Negeri 78 Tahun Proklamasi, Korem Wijayakusuma Karya Bakti dan Bakti Sosial

Senin, 14 Agustus 2023 | 19:07 WIB
header img
Bakti Negeri 78 Tahun Proklamasi, Korem Wijayakusuma Karya Bakti dan Bakti Sosial. Foto: Dok Korem Wijayakusuma

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Korem 071 Wijayakusuma melakukan bakti sosial berupa pemberian paket sembako kepada masyarakat kurang mampu, veteran, pelajar dan anak stunting sekitar Makorem Wijayakusuma. Bukan hanya itu, upaya karya bakti berupa pembersihan lingkungan khususnya pembersihan sungai Rompang dan melakukan penanaman pohon produktif juga dilakukan menyambut Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Seperti diketahui, Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, merupakan hari bersejarah bagi segenap warga bangsa untuk mengenang jasa para pahlawan Kusuma Bangsa yang telah berjuang tanpa pamrih demi kemerdekaan bangsa Indonesia dari tangan para penjajah.

Maka dari itu, Korem 071 Wijayakusuma, sebagai bagian dari masyarakat, bangsa dan negara, akan berupaya untuk terus menyemangati dan menyemarakkan hari yang bersejarah tersebut.

"Dibulan bersejarah ini, kita segenap jajaran Korem Wijayakusuma, melakukan bakti untuk negeri khususnya untuk masyarakat sekitar dengan melakukan karya bakti pembersihan sungai, pembersihan lingkungan umum seperti pasar dan kegiatan bakti sosial dengan peduli kepada masyarakat sekitar kita yang kurang mampu, veteran, pelajar dan anak Stunting. Ini merupakan kepedulian Korem Wijayakusuma akan rasa cintanya kepada masyarakat disekitar", ujar Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma dalam keterangannya, Senin (14/8/2023).

Menurut Kolonel Czi Mohammad Andhy Kusuma, kegiatan yang dilaksanakan ini selain untuk menyemarakkan Hari Proklamasi 17 Agustus, juga sebagai wahana edukasi penanaman nilai kejuangan baik kepada prajurit, PNS maupun segenap warga masyarakat sekitarnya.

Dikatakan edukasi, karena karya bakti pembersihan sungai dilakukan bersama masyarakat secara gotong royong, bersatu padu, bersinergi bersama untuk kelangsungan ekosistem air yang ada didalamnya dan pemanfaatannya juga akan kembali ke masyarakatnya. Begitu pula dengan upaya tanam pohon, dengan memanfaatkan lahan kosong yang ada, dengan menanam pohon produktif juga akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat. 

Terkait dengan bakti sosial pemberian paket sembako kepada masyarakat, merupakan kepedulian Korem 071/Wijayakusuma untuk membantu sesama dan juga sebagai rasa syukur karena hingga saat ini kita bersama masih dapat menikmati kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan Kusuma Bangsa demi kemerdekaan Republik Indonesia.

Dikatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang dilaksanakan serentak diseluruh wilayah jajaran Kodam IV/Diponegoro dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan Ke-78, bertujuan untuk membantu kesulitan masyarakat sekitar wilayahnya masing-masing.

"Untuk Makorem sendiri, karya bakti dilakukan pembersihan sungai Rompang yang merupakan daerah aliran sungai dilingkungan masyarakat Sokaraja yang juga alirannya berada di sekitar Makorem Wijayakusuma. Untuk bakti sosial sendiri, khusus Makorem Wijayakusuma membagikan 220 paket sembako kepada masyarakat kurang mampu, veteran, anak Stunting dan perlengkapan sepak bola kepada pelajar", pungkasnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut