get app
inews
Aa Read Next : Waspadai Perdagangan Orang ke Luar Negeri, Pembuatan Paspor Jadi Alat Pencegahan Terakhir

Tingkatkan Potensi Perikanan, Desa di Purbalingga Akan Optimalkan Digitalisasi

Jum'at, 13 Oktober 2023 | 13:55 WIB
header img
Tingkatkan Potensi Perikanan, Desa di Purbalingga Akan Optimalkan Digitalisasi. Foto: Dok Humas Pemkab Purbalingga

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id – Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Mangunegara, Kecamatan Mrebet dibidang perikanan melalui media digital. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Purbalingga melakukan pengembangan, Kamis (12/10).

Juru bicara Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan KKP RI, Nensyana Safitri mengatakan saat ini komoditi perikanan di Desa Mangunegara mayoritas dikelola oleh generasi tua. Hal ini yang menyebabkan kesulitan untuk berkembang menggunakan teknologi digital, padahal Desa Mangunegara memiliki potensi perikanan nila yang sangat menjanjikan.

“Untuk digitalisasi masih kurang, harapannya bisa merubah kebiasaan yang tadinya tidak mencatat jadi mencatat dan yang biasa mencatat menjadi buku di excel,” kata Nensyana, Jumat (13/10/2023).

Dengan adanya pencatatan digital tersebut diharapkan pula lembaga pengelola bisa mengetahui kebutuhan pelaku usaha perikanan di Mangunegara. Sehingga bisa mengajukan bantuan pengembangan dari pusat, dan pemasaran bisa melalui website desa yang dikelola oleh perangkat desa yang saat ini banyak diisi oleh generasi muda.

Sementara menurut Kepala Bidang Informatika Dinkominfo Purbalingga, Baryati memberikan contoh website yang dikelola oleh Pemdes Cilapar Kecamatan Kaligondang. Dalam website tersebut, para pelaku UMKM hanya memberikan deskripsi usaha dan foto produknya kepada Pemdes Cilapar, selanjutnya konsumen akan menghubungi pelaku secara langsung karena melampirkan tautan whatsapp.

“Tinggal optimalisasi website, sehingga admin cukup BUMDes atau pemdes, yang selanjutnya transaksi dilanjutkan via WA ke pelaku usaha. Gunakan lapak desa (di website) untuk pemberdayaan ekonomi,” pungkasnya.

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut