get app
inews
Aa Read Next : Melukis Wajah Ganjar-Mahfud di Areal Persawahan dengan Padi, Hasilnya Keren

Barikade Gus Dur Bisa Jadi Faktor Penentu Kemenangan Ganjar-Mahfud

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 10:23 WIB
header img
Barisan Kader (Barikade) Gus Dur dapat menjadi faktor penentu bagi kemenangan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. (Foto: MPI)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id-Periset dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menyatakan dukungan dari Barisan Kader (Barikade) Gus Dur dapat menjadi faktor penentu bagi kemenangan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

Dukungan tersebut dianggap mampu meningkatkan dukungan elektoral bagi pasangan yang didukung oleh Partai Perindo. 

"Saya rasa dukungan dari Barikade Gus Dur dapat memperkuat Ganjar dan Mahfud, yang selama ini telah mendominasi di kalangan warga Nahdliyin," ujar Saidiman saat dihubungi pada Jumat (27/10/2023).

Meskipun demikian, Saidiman menyatakan bahwa dukungan dari Barikade Gus Dur dapat membuka potensi kemenangan pasangan Ganjar-Mahfud lebih luas. 

Terlebih lagi, jumlah pemilih dari kalangan Nahdliyin mencapai 20%. Saidiman menjelaskan bahwa situasi serupa pernah terjadi saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) berhasil memenangkan Pilpres 2014 dan 2019. 

Oleh karena itu, ia meyakini bahwa dukungan dari Barikade Gus Dur memiliki potensi untuk membuka peluang kemenangan bagi Ganjar-Mahfud. 

"Total anggota NU mencapai sekitar 20 persen dari populasi. Ini merupakan jumlah yang cukup besar. Dalam dua pemilu terakhir, warga NU lebih banyak mendukung Jokowi. Karena jumlah yang besar, arah dukungan warga NU memiliki peran yang signifikan dalam menentukan kemenangan," tegasnya.

Sebelumnya, Yenny Wahid, putri dari Presiden ke-4 Republik Indonesia, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), bersama dengan Barisan Kader Gus Dur, secara resmi mendukung pasangan Capres dan Cawapres, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

Perempuan yang memiliki nama lengkap Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid ini mengungkapkan alasan dukungannya terhadap Ganjar-Mahfud dalam Pilpres 2024. Hal ini disebabkan oleh kedekatannya dengan Mahfud MD.

Menurutnya, Mahfud MD juga memiliki hubungan yang erat dengan Gus Dur. Mahfud juga merupakan kader Nahdlatul Ulama (NU). 

"Mahfud MD dekat dengan kami, beliau adalah kader NU dan juga kader Gus Dur. Kedekatan ini sudah berlangsung lama, kami melihat Mahfud MD sebagai sosok yang mampu menjunjung tinggi hukum," katanya saat mendeklarasikan dukungannya di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, pada Jumat (27/10/2023).

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut