get app
inews
Aa Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

Penampakan Hiu Tutul yang Mati Terdampar di Pantai Wagir Indah Cilacap

Rabu, 29 November 2023 | 14:06 WIB
header img
Hiu Tutul ditemukan mati terdampar di Pantai Wagir Indah, Desa Welahan Wetan, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, pada Rabu (29/11/2023). (Foto: iNewsPurwokerto)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id-Hiu tutul (Rhincodon typus) ditemukan mati terdampar di Pantai Wagir Indah, Desa Welahan Wetan, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, pada Rabu (29/11/2023). 

Hiu yang memiliki panjang sekitar 4-5 meter dan berat sekitar 400 kilogram ini pertama kali ditemukan oleh para pencari ikan sekitar pukul 05.00 WIB. 

Salah satu warga setempat, Darsih (40), menjelaskan bahwa awalnya para pencari ikan mengira benda yang terdampar itu adalah pohon kelapa yang terbawa ombak.

"Ditemukan tadi pagi oleh tukang jaring atau pencari ikan, dikira pohon kelapa, ternyata hiu tutul," ujar Darsih di lokasi pada Rabu siang. 

Hiu tersebut awalnya ditemukan dalam keadaan hidup. Namun, dalam waktu singkat, hiu tersebut akhirnya mati sekitar jam 05.30 WIB.

Andreas Tugiman, anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Cilacap yang berjaga di lokasi, mengatakan bahwa warga berupaya untuk menarik hiu tersebut kembali ke lautan, tetapi upaya tersebut tidak berhasil.

"Tadi pagi masih hidup. Upaya yang dilakukan sekitar 20 warga berusaha menarik, warga mengikat hiu pakai tali kemudian ditarik, tapi tidak kuat," kata Tugiman. 

Warga setempat kemudian berkoordinasi dengan dinas terkait, dan rencananya hiu tersebut akan dikubur di sekitar lokasi kejadian pada sore hari.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut