get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Purbalingga Hibahkan Tanah 17.209 Meter Persegi untuk Pembangunan Mapolres

Hari Jadi Purbalingga Diisi dengan Pahargyan Agung dan Kirab Pusaka

Selasa, 19 Desember 2023 | 08:24 WIB
header img
Peringatan Hari Jadi Ke-193 Kabupaten Purbalingga semakin meriah dengan pagelaran budaya Pahargyan Agung, Kirab Pusaka, dan Manggala Praja. (Foto: Istimewa)

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id-Peringatan Hari Jadi Ke-193 Kabupaten Purbalingga semakin meriah dengan pagelaran budaya Pahargyan Agung, Kirab Pusaka, dan Manggala Praja yang digelar pada Senin (18/12/23). 

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, Wakil Bupati Sudono, Ketua DPRD HR Bambang Irawan, serta jajaran Forkopimda turut serta dalam rangkaian prosesi yang dihadiri oleh ribuan tamu undangan.

Dalam sambutannya, Bupati Tiwi menyampaikan ucapan selamat ulang tahun yang ke-193 kepada masyarakat Purbalingga. 

Ia berharap agar Kabupaten Purbalingga semakin sejahtera dan penuh keberkahan. Prosesi dimulai dengan penerimaan Songsong Agung dan Tombak Pusaka dari Ketua DPRD kepada Bupati. 

Tari Bambangan Cakil dan Tari Sesaji yang ditampilkan oleh penari dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta turut memeriahkan acara yang berlangsung di Pendopo Dipokusumo.

Setelah Pahargyan Agung, dilanjutkan dengan Kirab Pusaka dan Manggala Praja yang menyusuri Kota Purbalingga. Rute kirab melibatkan perjalanan dari kompleks Pendopo Dipokusumo menuju Alun-Alun Purbalingga, Jl. Piere Tendean, Jl. Komisaris Noto Sumarsono, Jl. A Yani (Depan Tamkot Usman Janatin), Jl. Jend Soedirman (Barat Alun-Alun), dan berakhir di Pendopo Dipokusumo. Antusiasme ribuan warga Purbalingga terlihat saat menyaksikan kirab di sepanjang rute tersebut.

Dalam kirab ini, selain membawa pusaka, juga melibatkan 50 orang pasukan Bregodo Prajurit dan 8 orang pembawa Panji Keraton dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. 

Keluarga Bupati dan Forkopimda mengikuti kirab menggunakan kereta kencana, diiringi oleh iring-iringan pejabat Pemkab Purbalingga yang naik 36 dokar, 40 jip, dan 360 becak hias. Masyarakat juga disuguhkan dengan penampilan dua grup tek-tek (Kentongan) asli Purbalingga.

Pada acara Pahargyan Agung, Pemkab Purbalingga juga memberikan penghargaan Sekolah Adiwiyata kepada SMPN 2 Bobotsari, SMPN 1 Karangmoncol, SMAN 1 Karangreja, dan SMAN 1 Kutasari. 

Selain itu, pemberian penghargaan kepada tokoh masyarakat yang berpengaruh dan berprestasi dalam menciptakan prestasi dan nama baik untuk Purbalingga.

Beberapa tokoh yang menerima penghargaan antara lain HR. Bambang Irawan, SH., MM. (Tokoh Olahraga), HM. Ichwan, SH., MM. (Tokoh Olahraga), Ali Sudarmo, S.Pd (Kepramukaan), KH Ma'ruf Salim (Tokoh Agama), Siti Dzuharoh (Tokoh Perempuan), Pendeta Paulus Suparno (Tokoh Agama), Supriyono (Tokoh Masyarakat), Rifki Maulana (Tokoh Pemuda), Ryan Rahman, S.S. (Jurnalis Purbalingga Peduli Literasi), dr. Jusi Febrianto, MPH (Tokoh Kesehatan), dr. Dikta Zanwar Arifin Rafiq, M.M. (Tokoh Kesehatan), KH. Mashudi Munir Al-Khafidz (Tokoh Agama), Endang Murdyaningsih (Pegiat Seni Rias dan Musik Keroncong), dan H. Barosad (Pegiat Pariwisata).

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut