get app
inews
Aa
Read Next : Tercatat 127.107 Penumpang Gunakan Kereta Api dari Daop 5 Purwokerto pada Lebaran Idul Adha 2023

Ini Sapi Kurban Presiden Jokowi dari Rembang, Bobotnya Capai 1 Ton

Selasa, 20 Juli 2021 | 08:05 WIB
header img
Sapi dari Rembang yang dibeli Presiden Jokowi. (Foto: iNews Jateng)

REMBANG, iNews.id – Sapi milik Kepala Desa Sendangagung, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang, Innayah dibeli Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hewan kurban. Sapi dengan bobot mencapai 1 ton, telah dirawat sejak tiga tahun terakhir. “Dulu belinya dari pasar, kemudian kami rawat sendiri,” kata Innayah, Senin (19/7/2021) seperti dikutip iNews Jateng.

Dua bulan sebelum Idul Adha, pegawai dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang sempat datang mengecek ke kandang. Kala itu bobot sapi jenis lokal atau PO baru 890 kilogram. Ia lalu disarankan untuk melakukan penggemukan lagi. 

Dengan demikian, nantinya layak ditawarkan menjadi hewan kurban Presiden. Setelah intensitas pakan ditingkatkan dengan campuran konsentrat, dedak, sari air kedelai dan garam, bobot sapi meningkat menjadi 950 kilogram. “Sehari dikasih tiga kali, memang perlu penanganan ekstra,” tuturnya. 

Hari ini sapi telah ditimbang dan bobotnya menembus 1 ton. Soal harga, Innayah sempat menawarkan Rp100 juta, namun kemudian sepakat di harga Rp90 juta. Dirinya senang karena sapinya dibeli Presiden untuk hewan kurban

“Sempat ada bos kapal juga ingin membeli sapi ini, tapi tidak saya kasih. Soalnya sudah komitmen dikasihkan Pak Presiden. Ada kebanggaan tersendiri, nggak menyangka,” ucapnya. 

Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang Ahyuni Indahwati mengatakan, sepengetahuannya baru kali pertama ini ada sapi dari Rembang dibeli Presiden untuk hewan kurban. Tiap tahun ada semacam lelang bagi sapi-sapi yang memenuhi syarat untuk ditawarkan.

Pertama harus sehat dan yang paling penting faktor bobot sangat menentukan. Kebetulan tahun ini di Jawa Tengah terdapat tiga nominator dan sapi milik Kades Sendangagung menjadi nomor satu karena paling berat bobotnya.

“Setahun lalu sapi ini sudah kami incar dan terus didampingi hingga menjelang Idul Adha. Termasuk kami lakukan uji sampel untuk mengetahui ada tidaknya cacing. Saat ditawarkan sebagai nominasi, sapi milik Bu Innayah bobotnya paling berat, jadi nomor satu,” katanya. 

Senin siang, sapi diberangkatkan dari kandang JR Jaya di Desa Sendangagung, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang. Sapi bantuan presiden rencananya disembelih di Masjid Baitul Muslimim, Desa Karanganyar, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan.
 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut