get app
inews
Aa Read Next : Jembatan Penghubung Dua Desa di Purbalingga Ambles Akibat Hujan Deras

Mengapa Perut Selalu Terasa Lapar saat Hujan?

Rabu, 10 Januari 2024 | 20:00 WIB
header img
Mengapa Perut Selalu Terasa Lapar saat Hujan? Foto: Dok iNews

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Saat hujan turun dan suhu agak dingin, biasanya perut akan terasa lapar. Terutama saat memasuki musim penghujan seperti sekarang ini, pasti timbul keinginan untuk menyantap camilan atau makanan saat hujan terus-menerus.

Biasanya, rasa lapar terjadi ketika tubuh kekurangan energi. Namun, mengapa seseorang mudah merasa lapar saat hujan? Dilansir dari akun YouTube nadyaEDU, saat hujan, suhu lingkungan menjadi lebih dingin dan menyebabkan suhu tubuh turun untuk menyesuaikan diri.

"Pada suhu tubuh harus tetap stabil (hangat) agar fungsi tubuh berjalan baik. Kalau fungsi tubuh turun tentunya tidak baik," katanya.

Seseorang dengan mudah merasakan lapar karena saat makan, terjadi proses pembakaran di dalam tubuh yang menghasilkan rasa hangat.

"Mendung dan hujan menurunkan paparan sinar matahari menyebabkan produksi hormon serotonin juga menurun. Tubuh yang kekurangan serotonin akan memberikan rasa lapar," ucapnya.

Serotonin dapat diperoleh melalui konsumsi makanan yang tinggi kandungan karbohidratnya, sehingga dapat meningkatkan rasa lapar dengan cepat. "Lalu hangat dari makanan bisa meningkatkan suhu tubuh sehingga lebih stabil,"tuturnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut