get app
inews
Aa Read Next : KPU Pastikan Tidak Ada Calon Perseorangan dalam Pilkada Banyumas

Lebih dari 5 Ribu Surat Suara di Banyumas Rusak

Jum'at, 12 Januari 2024 | 17:17 WIB
header img
Lebih dari 5 ribu surat suara di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), ditemukan rusak. (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Lebih dari 5 ribu surat suara di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), ditemukan rusak. Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat masih menunggu selesainya proses penyortiran dan pelipatan sebelum meminta penggantian kepada percetakan secara bersamaan.

Ketua KPU Banyumas, Rofingatun Khasanah, menyatakan ada 550 pekerja terlibat dalam proses penyortiran dan pelipatan di dua lokasi. 

"Hingga saat ini, KPU telah menemukan 5.232 surat suara yang rusak. Surat yang mengalami kerusakan tersebut dikumpulkan terlebih dahulu, karena proses penyortiran dan pelipatan belum selesai," katanya dalam konferensi pers pada Jumat (12/1).

Rofingatun menjelaskan bahwa masih ada surat suara yang belum diurutkan dan dilipat, yaitu surat suara DPR dan DPD. "Sementara itu, surat suara presiden dan wakil presiden sudah dilipat sebanyak 29% dari total 1.413.179 lembar. Dari proses penyortiran dan pelipatan tersebut, ditemukan sebanyak 357 lembar yang mengalami kerusakan,”ujarnya.

Adapun untuk surat suara DPRD Provinsi, dengan total 1.413.179 lembar, ditemukan sebanyak 2.279 lembar yang mengalami kerusakan. Sedangkan untuk surat suara DPRD Kabupaten, dari total 1.413.179 lembar, terdapat 2.596 lembar yang mengalami kerusakan.

"KPU akan menunggu hingga selesainya proses penyortiran dan pelipatan untuk surat suara yang rusak. Setelah selesai, kami akan melakukan rapat pleno untuk melaporkannya. Setelah itu, baru kami akan meminta penggantian kepada percetakan,”pungkasnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut