get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Purwokerto Minggu 7 April 2024

Wajib Ada di List Kunjungan Wisata, Kawah Sikidang Dieng

Minggu, 09 Mei 2021 | 21:30 WIB
header img
Board walk yang disebut Jembatan Khayangan melintas di area Kawah Sikidang, Dieng, memudahkan pengunjung berkeliling dan melihat kawah dari dekat. (Foto: Bayu Sasongko)

BANJARNEGARA, iNews.id- Siapa yang tak mengenal Dieng. Secara geografis, dataran tinggi Dieng terletak di dua wilayah kabupaten, yakni Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah. Eitsss namun, bukan itu yang akan kita bahas. Tapi, ada satu yang wajib banget dikunjungi jika datang ke Negeri Atas Awan ini.

Banyak sekali destinasi wisata yang bisa kita datangi di Dieng. Jenisnya pun beragam, selain udaranya yang dingin menyegarkan, kuliner dan camilan khas, ada juga wisata sejarah peninggalan peradaban lampau. Lalu wisata alam yang mempesona, seperti danau-danau atau telaga yang jumlahnya lebih dari satu, mendaki gunung dan melihat matahari terbit atau terbenam. Kemudian, kawah-kawah vulkanik yang dapat dilihat dari jarak dekat. Luar biasa bukan?

Nah, satu yang tak boleh luput dari list kunjungan ke Dieng adalah, Kawah Sikidang. Kawah ini terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, masuk di wilayah Kabupaten Banjarnegara. Kawah ini terbilang cukup unik. Banyak terdapat kawah-kawah kecil yang seolah olah meloncat-loncat tempatnya seperti kidang atau kijang, dan satu kawah besar yang selalu mengepulkan asap putih pekat dengan bau belerang menyengat. Sungguh eksotis.

Untuk melihat kawah, Anda tidak perlu harus mendaki gunung dan berada di puncaknya. Sebab, Sikidang dapat dilihat dari jarak sangat dekat, dan pastinya aman dan nyaman.

"Sekarang sudah ada fasilitas jalur boardwalk atau terkenalnya jembatan khayangan. Sehingga wisatawan dapat menikmati area kawah sikidang ini secara keseluruhan dengan aman dan nyaman," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Banjarnegara, Agung Yusianto, beberapa waktu lalu.

Jembatan khayangan adalah fasilitas yang dibuat pengelola Kawah Sikidang, untuk memudahkan pengunjung berkeliling area kawah dengan aman dan nyaman. Jembatan kayu sepanjang satu kilometer itu membentang dan melintasi area kawah-kawah kecil sebelum titik temu utamanya adalah kawah utama Sikidang. 

Tepat di area kawah utama, jembatan berbentuk melingkar dan mengelilingi kawah. Pengunjung dapat secara detil melihat gemlutuk kawah, terpaan asap yang mengepul dari kawah, berfoto mengabadikan momen indah di kawah tersebut.

"Inovasi jembatan ini menambah aura lebih eksotis. Dengan adanya jembatan ini, akses keluar dan masuk ke kawah jadi terpisah. Kepulan asap yang keluar dari perut bumi adalah salah satu hal yang sangat langka yang dapat dilihat dari jarak sekitar dua meter. Luar biasa," ungkap Agung.

Keberadaan Jembatan Khayangan, yang mempercantik tampang Sikidang ini, mendapat apresiasi dari sejumlah pengunjung. Satu di antaranya Saskia, yang mengatakan jembatan itu membuat tambah nyaman wisatawan.

"Nggak takut, kita bisa lihat kawah dari dekat. Meski baunya menyengat tapi asyik, kita bisa treking berkeliling kawah," ujar Saskia.

Sementara, Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono menegaskan, di masa libur labaran nanti seluruh objek wisata yang ada di Banjarnegara akan tetap buka.

"Tetap buka, tetapi pengunjung dan pengelola harus menerapkan protokol kesehatan," ucap Budi, Jumat (8/5/2021) di pringgitan rumah dinas bupati.

Editor : Bayu Sasongko

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut