get app
inews
Aa Read Next : 7 Destinasi Wisata Alam yang Jadi Rekomendasi Liburan Akhir Tahun di Purwokerto

15 Tempat Wisata Alam Purwokerto, Berhawa Sejuk Cocok Untuk Liburan

Jum'at, 02 Februari 2024 | 20:20 WIB
header img
Lokawisata Baturraden. Foto: Arbi Anugrah

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Tempat wisata alam Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah memang menarik untuk diulas. Berada di kaki Gunung Slamet, menjadikan sejumlah tempat wisata alam Purwokerto berhawa sejuk dan menawan.

Di tempat wisata alam Purwokerto ini, wisatawan dapat menikmati berbagai macam pemandangan yang indah. Bukan hanya itu, pengunjung juga dapat menikmati air terjun hingga berendam di air belerang yang panas, langsung dari sumbernya.

Tidak hanya menyajikan keindahan alam, tempat wisata alam Purwokerto juga memiliki berbagai macam kekhasan. Lantas, apa saja destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi untuk mengisi liburan di Purwokerto, berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (2/2/2024).

Tempat Wisata Alam Purwokerto

1. Telaga Sunyi 


Wisata telaga sunyi Baturraden. Foto: Instagram/ @telagasunyi_baturraden

 

Di Banyumas terdapat banyak tempat wisata alam yang dapat memanjakan liburan Anda dan keluarga tercinta. Salah satu tempat wisata yang terletak di Baturraden adalah Telaga Sunyi, yang menawarkan pemandangan alam yang mempesona.

Anda bisa merasakan kesegaran air di Telaga Sunyi Baturraden Banyumas, serta menenangkan jiwa dan pikiran yang lelah. Ketika hari libur tiba, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi obyek wisata alam yang paling indah di Banyumas ini.

Telaga Sunyi terletak di Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Banyumas, Jawa Tengah. Jarak yang harus ditempuh dari pusat kota Purwokerto untuk mengunjungi Telaga Sunyi sekitar 16 km.

Anda dapat menikmati keindahan, tempat-tempat menarik, dan fasilitas yang disediakan di Telaga Sunyi, sehingga liburan Anda menjadi lebih berkualitas dan menyenangkan. Beberapa fasilitas yang tersedia termasuk area parkir untuk kendaraan wisata, toilet dan kamar mandi, gazebo, tempat duduk, dan warung wisata.

2. Small World 

Saat liburan, salah satu kegiatan yang dapat dilakukan di tempat wisata alam adalah mengambil foto-foto. Setelah itu, mengunggahnya di media sosial. Jika ingin menambah koleksi foto di lokasi yang instagramable, Small World adalah tempat yang tepat.

Terdapat banyak tempat menarik di destinasi wisata Small World Purwokerto. Salah satu yang paling menarik adalah adanya landmark miniatur dunia yang memukau. Keberadaan landmark ini menjadi daya tarik utama di Small World.

Lokasi Small World Purwokerto terletak di Jl Raya Baturraden Barat, Desa Karangmangu, Kecamatan Baturaden, Banyumas. Di sana, terdapat berbagai fasilitas yang ditawarkan kepada pengunjung. Mulai dari tempat parkir yang luas, cafe dan resto, spot foto yang instagramable, small garden, toilet, hingga warung-warung makanan khas.

3. Lokawisata Baturraden


Lokawisata Baturraden. Foto: Arbi Anugrah

 

Lokawisata Baturraden telah dikenal sejak lama. Terletak di lereng selatan Gunung Slamet, objek wisata Lokawisata Baturraden berjarak sekitar 15 km dari Kota Purwokerto.

Ada banyak tempat menarik di Baturraden yang cocok untuk berselfie atau berfoto bersama keluarga dan teman-teman. Akses ke Baturraden juga sangat mudah, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Apalagi, saat ini terdapat bus Trans Banyumas untuk mengangkut pengunjung dari Kota Purwokerto ke Baturraden. Selain itu, jika menggunakan kendaraan pribadi juga sangat mudah, karena jalan menuju Baturraden dalam kondisi yang baik.

Apa saja fasilitas yang tersedia di Baturraden? Beberapa di antaranya meliputi waterpark, gazebo, area parkir yang luas untuk kendaraan, toilet dan kamar mandi, musala, tempat duduk, berbagai macam wahana mainan, spot foto, warung wisata, kafe, dan masih banyak lagi.

4. Kebun Raya Baturaden


Kebun Raya Baturraden. Foto : Instagram/@panoramapurwokerto.

 

Jika Anda mencari tempat wisata alam Purwokerto, Banyumas yang menawarkan liburan yang menyenangkan untuk keluarga, maka Kebun Raya Baturaden adalah pilihan yang tepat. Destinasi ini menawarkan pemandangan alam yang indah serta banyak spot dan wahana wisata yang menarik. Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat wisata alam yang populer dan sangat direkomendasikan ini, karena Anda akan menyesal jika melewatkan pengalaman liburan yang luar biasa di Banyumas.

Kebun Raya Baturaden terletak di Wanawisata Baturraden, Berubahan, Kemutug Lor, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Jam operasional Kebun Raya Baturaden adalah dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB setiap harinya. Di tempat piknik Banyumas ini, Anda dapat menikmati berbagai spot dan wahana yang tersedia bersama keluarga Anda.

Anda akan merasa terbantu dengan adanya fasilitas penunjang yang lengkap untuk aktivitas liburan Anda. Fasilitas tersebut meliputi area outbond, camping ground, toilet dan kamar mandi, tempat parkir kendaraan yang luas, pusat informasi, warung wisata, penginapan, wahana permainan seru dan menarik, serta spot foto yang menarik.

5. Curug Bayan


Curug Bayan. Foto: Instagram/@curug_bayan.

 

Curug Bayan adalah salah satu destinasi wisata air terjun yang menakjubkan di Banyumas. Air terjun ini merupakan tempat yang sangat menarik untuk melepaskan kepenatan dan menenangkan jiwa serta pikiran. Banyumas juga memiliki banyak tempat berlibur yang indah dengan air terjun yang mempesona.

Curug Bayan adalah salah satu tempat wisata alam yang sangat direkomendasikan di Purwokerto untuk mengisi liburan Anda dan keluarga. Destinasi wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi pada akhir pekan atau saat libur panjang.

Curug Bayan terletak di Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini kapan saja, karena Curug Bayan buka setiap hari mulai dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

Akses jalan yang baik akan mempermudah perjalanan liburan Anda dan keluarga ke tempat wisata keluarga Banyumas ini. Untuk mencapai Curug Bayan Baturaden, Anda dapat menggunakan kendaraan dengan jarak tempuh sekitar 13 km dari pusat kota Purwokerto.

Anda bisa Menikmati aktivitas liburan yang menyenangkan di Curug Bayan Purwokerto dengan keindahan alam dan fasilitas yang tersedia, diantaranya seperti warung wisata, penginapan, area parkir kendaraan wisata, gazebo, dan tempat duduk.

6. Curug Cipendok


Curug Cipendok yang menawan. Foto: IG curugcipendok

 

Curug Cipendok adalah salah satu destinasi wisata alam yang menakjubkan di Purwokerto, Banyumas. Obyek wisata ini menawarkan pesona keindahan air terjun yang memukau, menjadikannya tempat yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan yang mencari perjalanan liburan yang memuaskan.

Nikmati keindahan alam yang akan memanjakan perjalanan liburan Anda dan orang terkasih di Banyumas, Jawa Tengah. Curug Cipendok terletak di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Anda bisa mencapai obyek wisata ini dengan menggunakan kendaraan selama sekitar 23 km dari pusat kota Purwokerto. Di Curug Cipendok Banyumas, Anda akan menemukan banyak kegiatan menarik dan menyenangkan yang bisa dinikmati.

Anda bisa menikmati ketenangan, mencari foto yang indah, berenang, dan masih banyak lagi. Perjalanan liburan Anda akan semakin menyenangkan di wisata air terjun Banyumas ini dengan fasilitas yang tersedia, seperti tempat parkir untuk kendaraan wisata, mushola, area bermain anak-anak, warung wisata, area outbond, jalur hutan, tempat perkemahan, toilet, spot foto menarik, dan cottage.

7. Curug Jenggala


Curug Jenggala di kawasan Baturaden. Foto: Elde Joyosemito

 

Purwokerto dan Banyumas memiliki banyak tempat wisata alam menarik yang cocok untuk dikunjungi saat akhir pekan. Salah satu destinasi alam yang layak Anda kunjungi di Banyumas adalah Curug Jenggala.

Selain menawarkan keindahan air terjun yang menakjubkan, Curug Jenggala juga memiliki banyak tempat foto yang menarik untuk diunggah di Instagram. Nikmati liburan yang tak terlupakan di Curug Jenggala dengan mengabadikan momen indah bersama orang terkasih.

Anda dapat mengunjungi destinasi wisata air terjun Curug Jenggala Purwokerto setiap hari mulai dari jam 08.00 – 18.00 WIB. Curug Jenggala terletak di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Banyumas. Jadi, Anda bisa mengunjunginya kapan saja.

Untuk mencapai tempat wisata alam Purwokerto ini dengan kendaraan. Anda dapat menempuh jarak dari pusat kota Purwokerto ke Curug Jenggala kurang lebih 20 km.

Nikmati pengalaman liburan yang lebih berkualitas dan menyenangkan di destinasi liburan Baturraden ini. Selain menawarkan keindahan alam yang memukau, di Curug Jenggala juga terdapat berbagai fasilitas wisata yang dapat Anda nikmati, seperti spot foto yang instagramable, toilet yang nyaman, mushola, warung wisata, dan gazebo.

8. Baturaden Adventure Forest


Baturraden Adventure Forest, salah satu tempat yang sangat mengasyikkan. Foto: IG BAF

 

Anda bisa merasakan liburan yang menyenangkan bersama keluarga di Banyumas dengan mengunjungi tempat wisata alam yang menarik ini. Baturaden Adventure Forest menawarkan pesona wisata dengan spot dan aktivitas yang unik. Liburan yang panjang di Banyumas pasti akan lebih seru dengan mengunjungi tempat piknik rekomendasi seperti Baturaden Adventure Forest.

Lokasi tempat wisata alam Purwokerto ini berada di Pandak, Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Anda dapat menikmati berbagai spot dan wahana yang tersedia di Baturaden Adventure Forest kapan pun Anda mau. Destinasi wisata alam ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

Terdapat berbagai macam spot dan aktivitas alam yang menarik seperti Water Adventure, Tree Trek Adventure, Canyon Adventure, Bungee Trampoline, Cold Water Therapy, Forest Trekking, Night Adventure, Flying Fox, Tyrolean, Outbond, Mini Circuit Bike, Longslide, Elvis, Line Bridge, Rappelling/Abseiling, Log Swing, Forest Camping, Gathering, dan Camping.

Liburan Anda di Baturaden Adventure Forest akan semakin menyenangkan dengan fasilitas yang tersedia seperti area parkir kendaraan wisata, penginapan, warung wisata, outbond area, toilet dan kamar mandi, camping ground, cafe & resto, dan gazebo.

9. Curug Nangga


Curug Nangga yang terlihat begitu menarik. Foto: Instagram

 

Curug Nangga telah menjadi salah satu tujuan wisata alam terkini yang sangat menarik di Banyumas, dengan pesona keindahan alamnya yang memukau. Terdapat berbagai tempat piknik menarik di Banyumas yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga.

Curug Nangga terletak di Petahunan, Pekuncen, Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Anda dapat mencapainya dengan menggunakan kendaraan pribadi dengan jarak sekitar 27 km dari pusat kota Purwokerto. Terletak di ketinggian sekitar 1200 mdpl, Curug Nangga menawarkan pemandangan alam yang menenangkan dan indah.

Selain menikmati keindahan alamnya, perjalanan liburan Anda di Curug Nangga Banyumas akan menjadi lebih menyenangkan dengan adanya fasilitas yang lengkap. Anda dapat menemukan area parkir kendaraan wisata yang aman, toilet dan kamar mandi yang bersih, spot foto menarik untuk mengabadikan momen indah Anda, serta gazebo dan warung wisata untuk bersantai dan menikmati makanan lezat.

10. Curug Gomblang 


Curug Gomblang salah satu destinasi wisata menarik. Foto: Instagram

 

Curug Gomblang adalah salah satu destinasi wisata air terjun yang menarik di Purwokerto yang patut dikunjungi saat akhir pekan. Anda dapat menikmati keindahan yang mempesona dari air terjun ini.

Nikmati pengalaman liburan yang menyenangkan dengan menikmati keindahan panorama dan tempat wisata alam menarik di Curug Gomblang Banyumas. Air terjun ini terletak di Jl. Pangeran Limboro, Sokawera, Cilongok, Kabupaten Banyumas.

Anda dapat mengunjungi Curug Gomblang kapan saja karena tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Selain menawarkan keindahan alam yang memukau, Curug Gomblang juga menyediakan fasilitas yang lengkap seperti tempat parkir kendaraan, area perkemahan, kegiatan outbound dan area bermain, toilet dan kamar mandi, spot foto menarik, serta warung wisata.

11. Bukit Watu Meja


Panorama dari Bukit Watu Meja di Kebasen. Foto: IG kebasenkeren

 

Bukit Watu Meja merupakan salah satu tempat wisata terbaru di Banyumas, Jawa Tengah yang sangat direkomendasikan untuk menghilangkan kepenatan dan stres. Keindahan alam yang memukau akan membawa Anda merasakan kenyamanan yang luar biasa, dan di sini terdapat banyak tempat yang cocok untuk berfoto yang instagramable.

Anda dapat mendapatkan foto yang menakjubkan untuk media sosial Anda dengan latar belakang pemandangan alam yang mempesona. Bukit Watu Meja, sebuah objek wisata alam yang terletak di Jl. Raya Patikraja - Kebasen, Tumiyang Kidul, Kecamatan Kebasen, adalah tempat yang sempurna untuk mengambil foto-foto yang menarik perhatian.

Tempat wisata alam Purwokerto ini buka setiap hari mulai dari pukul 06.00 - 18.00 WIB. Anda bisa menikmati keindahan obyek wisata alam Purwokerto ini dengan harga tiket masuk yang terjangkau.

Berikut sejumlah fasilitas di Bukit Watu Meja Banyumas di antaranya area parkir kendaraan yang luas, warung wisata, gazebo, tempat duduk, toilet, spot foto instagramable dan lainnya.

12. Menggala Ranch Banyumas


Menggala Ranch yang merupakan New Zealand Indonesia. Foto: iNewsPurwokerto

 

Menggala Ranch Banyumas, sebuah destinasi petualangan yang menarik di tengah hutan, menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Terletak di Desa Menggala, Kecamatan Cilongok, Banyumas, tempat wisata ini memungkinkan pengunjung untuk menikmati kegiatan berkuda, menjelajahi hutan pinus yang cantik, dan menikmati udara segar yang jauh dari kebisingan kota.

Pengunjung juga bisa menikmati suasana pedesaan dengan mengunjungi peternakan sapi yang ada di dalam tempat wisata ini. Menggala Ranch Banyumas buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB dengan harga tiket masuk yang terjangkau. Pengunjung juga bisa memilih paket wisata yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

13. Curug Ceheng


Curug Ceheng yang menjadi salah satu air terjun yang menarik di Banyumas. Foto: Instagram

 

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Curug Ceheng, salah satu tempat wisata alam yang menakjubkan di Banyumas. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan menawarkan pemandangan alam yang luar biasa.

Nikmati kesegaran dan kejernihan air dari Gunung Slamet yang akan menyegarkan semangat Anda. Rasakan keindahan alam Curug Ceheng bersama keluarga tercinta. Tempat wisata alam Purwokerto ini berlokasi di Gandatapa, Kecamatan Sumbang.

Curug Ceheng di Purwokerto adalah tempat wisata alam yang buka setiap hari. Anda dapat menikmati keindahan alamnya dengan bebas. Selain itu, liburan Anda di sini akan semakin menyenangkan karena tersedia fasilitas yang lengkap seperti area parkir yang luas, warung wisata, gazebo, spot foto, dan toilet.

14. Pancuran Pitu


Pancuran Pitu Baturraden terbentuk dari aliran air hangat yang membawa belerang. Foto : Aryo Rizqi.

 

Pancuran Pitu adalah salah satu tujuan wisata yang terkenal di Banyumas yang menawarkan tempat menarik dan sangat disarankan untuk dikunjungi. Di sini, Anda dapat merasakan kesegaran dengan berendam di air belerang hangat langsung dari sumbernya, yang dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks dan segar kembali.

Nikmati ketenangan jiwa sambil menikmati keindahan alam dan tempat menarik di obyek wisata Pancuran Pitu Baturraden. Untuk mengunjungi tempat wisata alam Purwokerto ini, lokasinya terletak di Lokawisata Baturaden, Kalipagu, Ketenger, Kecamatan Baturaden, Banyumas. Pancuran Pitu buka setiap hari mulai dari jam 08.00 – 16.00 WIB. Anda dapat mengunjungi tempat wisata yang indah di Banyumas ini kapan saja dan menikmati kecantikannya.

Di Pancuran Pitu, terdapat banyak tempat menarik yang bisa dinikmati. Di sana, tersedia berbagai fasilitas pendukung seperti area parkir kendaraan, pijat belerang, spot berendam, warung wisata, pusat oleh-oleh, kamar mandi, dan akses jalan setapak.

15. Hutan Pinus Limpakuwus


Wisata Hutan Pinus Limpakuwus. Foto: Arbi Anugrah

 

Hutan Pinus Limpakuwus yang berada di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, merupakan tempat wisata alam Purwokerto yang terkenal di Banyumas.

Hutan Pinus Limpakuwus menawarkan keindahan alam yang luar biasa dengan pemandangan pepohonan pinus yang rimbun dan asri. Kini, hutan ini semakin menarik minat para wisatawan untuk datang dan menikmati keindahannya.

Ketika mengunjungi Hutan Pinus Limpakuwus, para wisatawan dapat menikmati berbagai kegiatan menarik seperti berkemah, mendaki, bersepeda, dan berfoto di berbagai spot yang tersedia.

Hutan Pinus Limpakuwus memiliki luas sekitar 24 hektare dan merupakan salah satu hutan pinus terbesar di Jawa Tengah.

Hutan Pinus Limpakuwus telah berdiri sejak beberapa dekade yang lalu dan terus diperluas menjadi tempat wisata alam yang menakjubkan, sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan dari puncak bukit dan udara yang segar.

Mudahnya akses ke Hutan Pinus Limpakuwus membuat kunjungan ke sana semakin nyaman, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Dengan keindahan alam yang memukau dan beragam kegiatan yang dapat dilakukan, Hutan Pinus Limpakuwus menjadi destinasi wisata alam yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman.

Itulah 15 tempat wisata alam Purwokerto yang menawarkan keindahan dan pesona yang tak akan dapat dilupakan oleh wisatawan yang mengunjunginya. Jadi, biar tidak penasaran, yuk rencanakan waktu liburan kalian untuk mengunjungi tempat wisata alam Purwokerto. 

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut